PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V A SD NEGERI 200402 SABUNGAN PADANGSIDIMPUAN 2017- 2018

NURHALIMAH TANJUNG

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS dapat diupayakanmelaui penerapan model Pembelajaran koperatif picture and picture Siswa kelas V A SD Negeri 200402 Sabungan  Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2017/2018.

      Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model PTK yang digunakan spiral dari Kurt Levin yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari perencanaan tindakan, implementasi tindakan dan observasi serta refleksi. Variable penelitian menggunakan 2 variabel, yaitu model Picture and Picture dan Hasil belajar IPS. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik non tes (skala sikap). Adapun tehnik analisi yang digunakan adalah statistk deskriptip komparatif melalui table, grafik, diagram lingkaran dan skor maksimal, skor minimal, perhitungan persentase.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan melaui model pembelajaran kooperatif picture and picture meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SD Negeri 200402 Sabungan  Padangsidimpuan Semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini Nampak pada hasil perbandingan skor hasil belajar IPS antar siklus yakni skor rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 85,27, pada siklus II meningkat menjadi 90,10. Skor maksimal pada siklus I sebesar 94 pada siklus II meningkat menjadi 97 sedangkan skor minimal pada siklus I sebesar 64 dan pada siklus II menjadi 81. Adapun pada siklus I yang siswa yang menduduki hasil belajar tinggi yaitu 18 siswa (75%) pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (100%). Kenaikan skor hasil belajar IPS siswa yang menduduki hasil belajar tinggi dari siklus I ke Siklus II sebesar 25%.

      Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS SD untuk KD 1.3. siswa dapat menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia guru mendesain pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar.

 

Kata Kunci: hasil belajar, kooperatif picture and picture

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (Permen Mendiknas No. 22, No. 23, dan No. 24 Tahun 2006). Jakarta: PT. Binatama Raya.

Ibrahim, M. & Nur, Mohamad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Moentoyah. 1993. “Aspek-aspek Psikologi dalam Kesulitan Belajar pada Anak dan Remaja”. Makalah Seminar Kesehatan Jiwa Semarang.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rianto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Tinjauan Dasar. Surabaya: SIC Surabaya.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sapriya. 2008. Hakekat Pendidikan IPS. Arifahanwar.com

Hamdani. 2011. Penggunaan Metode Picture and Picture Dengan Media Gambar. Repository.library.uksw.edu

Saprijono, Bloom. 20011. Prinsip – Prinsip Belajar. Eprints.uny.ac.id

Hamalik, Oemar. 2004. Pengertian Belajar dan Hakikat Belajar. educationvionet. blogspot.com

Purwanto. 2008. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. ebookbrowsee.net

Mudjiono, Dimyati. 2009. Hasil Belajar Pengertian dan Definisi. indramunawar.blogspot.com

Sulistya, Naniek. 2012. Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS SD Melalui Diskusi Kelompok.

repository.library.uksw.edu

Purwanti, Endang. 2008. Beberapa Macam Teknik Non Tes Menurut Endang Purwanti. repository.library.uksw.edu

Mulyas, E, 2007. Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. eprints.uny.ac.id KTSP. 2006. Pembelajaran IPS. https://hendraprijatna68.files.wordpress.com

Syah, 2006. Penggunaan Metode Picture and Picture Dengan Metode Gambar. repository.library.uksw.edu

Djamarah, Syaiful Bahri, 2002. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. digilib.unpas.ac.id

Uno, B Hamzah. 2011. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Yogyakarta: Bumi Aksara

Emzir. 2009. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. taliabupomai.blogspot.com

Biklen, Bogdan. 1982. Metodologi Penelitian. repository.upi.edu

Johnson,Johnson. 2011. Model Pembelajaran Picture and Picture. www.ras-eko.com


Article Metrics

Sari view : 32 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.