PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR FOTOGRAFI (Studi Kasus Kelas X Multimedia SMK N 2 Pulau Punjung)

POPI RADYULI, RINI SEFRIANI

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap hasil belajar Fotografi kelas X Multimedia. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pulau Punjung semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini, siswa kelas X MM2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MM3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas eksperimen 21 siswa dan jumlah siswa kelas kontrol 21 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (pada taraf 5%) didapatkan nilai thitung = 7,082 dan ttabel = 2,021 sehingga diperoleh thitung>ttabel (7,082 > 2,021). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap hasil belajar Fotografi kelas X Multimedia di SMK Negeri 2 Pulau Punjung tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci : Kooperatif Tipe Jigsaw II, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas, Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Rajawali Pers.

Arend.1997.Model-Model Pembelajaran Terpadu. Bandung: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Lie. 1993. Metode Pembelajaran.Jakarta: RinekaCipta.

Nana, Sudjana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja osdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Ratna, Wilis. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: AlFABETA.2013.

Syaiful, Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.