Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V B Semester II SDN 200402 Sabungan Jae Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2014/2015
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan siswa pada mata pelajaran IPS melalui alat peraga dengan sehingga hasil belajar siswa di kelas V B SDN 200402 Sabungan Jae Padangsidimpuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V B SDN 200402 Sabungan Jae Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2014/2015 jumlah siswa kelas V berjumlah 23 orang.
Hasil belajar siswa meningkat, sesuai dengan hasil yang diperoleh dari siklus I yaitu dengan persentase sebesar 65,22% dan rata-rata 6,13 Siklus II yaitu dengan persentase sebesar 78,26% dan rata-rata 7 Siklus II yaitu dengan persentase sebesar 91,30% dan rata-rata 8,04. Dari hasil dari Siklus I, Siklus II dan Siklus III terlihat bahwa kemampuan siswa menggunakan alat peraga berhasil sehingga hasil belajar siswa meningkat sesuai yang di harapkan.
Kata Kunci: kemampuan siswa, alat peraga.
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i1.18-21
Article Metrics
Sari view : 254 timesPDF - 328 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.