Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V B Semester II SDN 200402 Sabungan Jae Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2014/2015

AGUSTINA RANGKUTI

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan siswa pada mata pelajaran IPS melalui alat peraga dengan sehingga hasil belajar siswa di kelas V B SDN 200402 Sabungan Jae Padangsidimpuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V B SDN 200402 Sabungan Jae Padangsidimpuan  Tahun Pelajaran 2014/2015 jumlah siswa kelas V berjumlah 23 orang.

Hasil belajar siswa meningkat, sesuai dengan hasil yang diperoleh dari siklus I yaitu dengan persentase sebesar 65,22% dan rata-rata 6,13 Siklus II yaitu dengan persentase sebesar 78,26% dan rata-rata 7 Siklus II yaitu dengan persentase sebesar 91,30% dan rata-rata 8,04.  Dari hasil dari Siklus I, Siklus II dan Siklus III terlihat bahwa kemampuan siswa menggunakan alat peraga berhasil sehingga hasil belajar siswa meningkat sesuai yang di harapkan.

 

Kata Kunci: kemampuan siswa, alat peraga.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i1.18-21

Article Metrics

Sari view : 254 times
PDF - 328 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.