PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENYELESAIAN KONFLIK INTERPERSONAL SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 22 SENTRA PRIMER
Sari
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya serta pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam penyelesaian konflik interpersonal pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, melalui kegiatan observasi, dokumentasi dan wawancara di SMP Islam Al-Azhar 22 Sentra Primer. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, gambaran bimbingan dan konseling, pelaksanaan bimbingan dan konseling, konflik interpersonal yang terjadi pada siswa, penyebab terjadinya konflik interpersonal pada siswa, upaya yang dilakukan pihak bimbingan dan konseling dalam melakukan penyelesaian konflik interpersonal pada siswa, pihak-pihak yang terlibat, dan hambatan yang muncul ketika melakukan pencegahan serta penyelesaian konflik interpersonal siswa di SMP Islam Al-Azhar 22 Sentra Primer. Secara keseluruhan dengan adanya pelaksanaan bimbingan dan konseling di setiap sekolah,maka permasalahan atau konflik interpersonal yang dihadapi siswa akan dapat terselesaikan dengan bantuan bimbingan dan konseling bila pelaksanaannya dapat diberikan secara efektif.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Muslim, Ahmad. 2014. “Manajemen Konflik Interpersonal Di Sekolah.” Administrasi Pendidikan, FIP, IKIP Mataram 1(1):17–25.
Nadya, Fikka, Elly Malihah, and Wilodati. 2020. “Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal Dan Urgensinya Pada Siswa.” Sosietas 10(1):775–90.
Nawantara, Rosalia Dewi. 2017. “INTERPERSONAL CONFLICT RESOLUTION SKILL (SOLUSI KONSTRUKSTIF BAGI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA).” 2:179–87.
Octavia, Shilphy A. 2019. Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Deepublish.
Pohan, Vivi Gusrini R. 2005. “Pemecahan Konflik Interpersonal Pada Remaja Yang Populer.” Universitas Stuttgart (February):1–18.
Raya, Moch. Khafidz Fuad. 2016. “Resolusi Konflik Dalam Institusi Pendidikan Islam (Kajian Empirik Dan Potensi Riset Resolusi Konflik).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 1(1):71–85. doi: 10.35316/jpii.v1i1.38.
Sugiyono. 2017. METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF DAN R&D. 1st ed. Bandung: ALFABETA.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Tarno, Tarno. 2020. “Penerapan Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 2 Pasarwajo.” Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton 6(2):67–74. doi: 10.35326/pencerah.v6i2.686.
Tohirin. 2019. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.33-41
Article Metrics
Sari view : 1113 timesPDF - 680 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.