PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK SMK DITINJAU DARI BIDANG PRIBADI/SOSIAL

Fausia Rahma Sa'adah, Shofia Shinta Adityaningrum, Salsa Juvilia Devanka, Azalea Almas Shofi, Biyan Mezzaluna D’azzuri, Citra Tectona Suryawati

Sari


Problematika peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah segala sesuatu permasalahan yang dialami oleh peserta didik SMK di berbagai bidang, salah satunya bidang pribadi/sosial. Problematika bidang pribadi/sosial yang dialami oleh peserta didik SMK muncul karena berbagai alasan dan faktor penyebab, yang tentunya membutuhkan strategi agar problematika tersebut dapat terselesaikan. Sejalan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengidentifikasi macam problematika yang dialami peserta didik SMK, faktor penyebab yang muncul, serta strategi penyelesaian atas problematika tersebut, yang datanya diperoleh dari jurnal terkait pada tahun 2016-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR), guna mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, serta menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dan disertai dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat banyak sekali problematika pribadi/sosial yang dialami peserta didik SMK, lebih tepatnya terdapat tiga belas problematika, dengan faktor penyebab yang mengikutinya, serta strategi yang digunakan sebagai metode penyelesaian masalah tersebut.


Kata Kunci


Tinjauan Pustaka Sistematis, Problematika Pribadi/Sosial, Peserta Didik SMK, Strategi Layanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Ahmadi. (1982). Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Khofifah, A., Sano, A., & Syukur, Y. (2017). Permasalahan Yang Disampaikan Siswa Kepada Guru Bk/Konselor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 45. https://doi.org/10.29210/12017271

Kitchenham, B., & S. Charters. (2007). Issue: EBSE 2007-001. Technical Report, Vol.2.

Nurihsan. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Permendiknas, R. I. (2006). Nomor 23 Tahun 2006 tentang. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prayitno. (2004). Seri pemandu Bimbingan dan Konseling di sekolah (buku III). Padang: PT. Bina Sumber Daya MIPA.

Rachmaatillah, T., & Fatimah, S. (2018). Pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap peningkatan sikap percaya diri. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(1), 20-26.

RI, P. (2008). Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008 tentang Guru.

S. Van Thiel. (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd ed. Routledge.

Suteja, J. (2017). Teknik Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Potensi Siswa di Sekolah. Journal for Islamic Social Sciences, 2(1), 17–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.85-95

Article Metrics

Sari view : 4498 times
PDF - 5157 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.