BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA

Nailul Fauziyah, Nandang Rusmana

Sari


Artikel ini memberikan konseptualisasi teoretis tentang bimbingan kelompok teknik modeling untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang dilakukan oleh pihak yang kuat terhadap pihak yang lemah. Fenomena bullying bukanlah fenomena yang baru kita lihat. Akan tetapi di era disruptif saat ini, perilaku bullying semakin marak terjadi dan menjadi fenomena yang patut untuk mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai pihak. Perilaku bullying mengakibatkan berbagai dampak psikologis dan fisik serta dampak pada kedamaian hidup korban bullying. Dampak tersebut bisa berjangka pendek maupun berjangka panjang. Beberapa bentuk perilaku bullying yaitu bullying fisik, bullying verbal, bullying relasional serta cyber bullying. Perilaku bullying dapat ditemui di berbagai tempat termasuk salah satunya di sekolah. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat untuk mengoptimalisasikan perkembangan potensi diri siswa akan tetapi berubah menjadi tempat yang menyiksa dan menyeramkan bagi pihak yang menjadi korban dan saksi bullying. Melihat fenomena bullying yang semakin marak terjadi di sekolah maka dianggap perlu untuk mencegah semakin meluasnya fenomena bullying di lingkungan sekolah.


Kata Kunci


bimbingan kelompok, teknik modelling, bullying.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifulloh F dan Muis T. Studi Tentang Perilaku Bullying Serta Penangannya Pada Siswa Smp Negeri 2 Palang, Tuban. Naskah Pusblikasi.

Berita Harian Online Kompasiana, 2017, diakses pada 10 Desember 2019. https://www.kompasiana.com/steven13/5900bc56e422bd0f6b155067/perilaku-bullying-di-tengah-generasi-millennial-indonesia?page=all.

Berita harian online liputan 6 https://www.liputan6.com/news/read/4258840/akhir-bahagia-bocah-penjual-jalangkote-yang-jadi-korban-perundungan (diakses 10 Oktober 2020)

Berita Harian Online Liputan 6, https://www.liputan6.com/news/read/2191106/survei-icrw-84-anak-indonesia-alami-kekerasan-di-sekolah (diakses 10 Oktober 2020).

Coloroso, B. 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung: Refika Aditama.

Edy Kurniawan, Drajat, dan Taufik Agung Pranowo. 2018. Konseling kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Universitas PGRI Yogyakarta: Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, Volume 02 Number 01.

Erford, Bradley. 2015. 40 Teknik yang Harus diketahui setiap Konselor Edisi Kedua. Terjemah Helly P. & Sri M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faiza, Therestia Lailatul. 2019. Perbedaan Tingkat Depresi Pada Korban Bullying Verbal Dan Cyberbullying Pada Remaja. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Gibson, R.L. & Mitchell. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari Introduction to Counseling and Guidance. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Green, V. A, et al. 2013. Use of Video Modeling to Increase Positive Peer Interactions of Four Preschool Children with Social Skills Difficulties. Education and Treatment of Children, 36(2): 59-85.

Kartika K, Hima Darmayanti, dan Farida Kurniawati. 2019. Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana. Pedagodia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 sisdi (01), 55-66.

Maemun, A. 2012. Pengembangan Model Konseling kelompok Teknik Modeling untuk Mengembangkan Budi Pekerti Berbasis Nilai-nilai Humanistik. Tesis tidak dipublikasi. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

Noor Syifa, Kamilah. 2020. Efektivitas Bimbingan Kelompokmelalui Teknik Sosiodrama untuk Mengurangiperilaku Bullying Siswa (Penelitian Pre-Eksperimental pada Siswa di SMA Negeri 1 Kalijati

Subang Tahun Pelajaran 2019/2020). Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nur Zuroida, Chumaidah. 2020. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif dalam Konseling Kelompok terhadap Sikap Bullying Siswa Kelas IX B SMP Wardhani Surabaya. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2020 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY, Vol. 1 No. 1.

Olweus, Dan. 1999. The nature of school bullying: A cross-national perspective. London & New York: Routledge

Pramudia, Rischa, dan Silvia Yula. 2016. Perilaku Bullying di Sekolah. G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 1 No. 1 82-92.

Rigby, K., & Johnson, B. 2005. Student Bystanders in Australian Schools. Pastoral Carein Education, 23 (2), 10-16.

Salmiati dan Fitriyani A. 2018. Perilaku Bullying dan Penangannya Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak: Optimalisasi Peran Pendidik dalam Perspektif Hukum". STKIP Andi Matappa Pangkep, 05 Mei 2018.

Santoso, Adi. 2018. Pendidikan Anti Bullying. Majalah Ilmiah “PELITA ILMU” Vol. 1 No.2 Desember 2018.

Sari, Yuli P dan Azwar W. 2017. Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di Smp Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 10 (2) (2017).

Shintia, Fatmawati Dan Titin Indah. 2020. Penerapan Konseling Kelompok Latihan Asertif pada Siswa Korban Bullying di SMPN 34 Surabaya. Jurnal BK UNESA, Vol 11, No 4.

Supriyanto, Agus, dkk. 2018. Identifikasi Perilaku Bullying di Tingkat Sekolah Menengah. Jurnal Fokus Konseling, Volume 4 No 2 (2018) Hlm. 192-197.

Wibowo, M. E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES PRESS

Wiyani, A.N. 2012. Save our Children from School Bullying.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.22-32

Article Metrics

Sari view : 454 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.