TEKNIK PERSON CENTERED THERAPY
Sari
Pendekatan Person Centered Therapy (PCT) dikembangkan Carl Rogers merupakan metode konseling berfokus pada individu sebagai pusat dari proses terapi. Teknik ini menekankan pentingnya hubungan terapeutik yang dilandasi oleh empati, ketulusan (congruence), dan penghargaan positif tanpa syarat (unconditional positive regard). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana pendekatan PCT digunakan dalam praktik konseling, khususnya dalam membantu konseli mengenali diri dan menyelesaikan masalah tanpa menawarkan solusi langsung dari terapis. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah berbagai sumber ilmiah dari sepuluh tahun terakhir. Hasil telaah menunjukkan bahwa pendekatan PCT mencakup definisi, konsep dasar, serta pemahaman tentang perkembangan kepribadian dan tingkah laku. Kesimpulan dari studi ini menegaskan bahwa PCT memungkinkan konseli untuk memahami dan mengembangkan potensi dirinya secara bebas, dengan konselor berperan sebagai fasilitator.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
All Habsy, B., & . (2022). panorama teori-teori konseling modern dan post modern ( refleksi keindahan dalam konseling). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.gsf.2024.101872
Hasni, E. (2021). Tranformasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meneguhkan Islam Moderat
Jannah, M., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2024). Teknik Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Person Centered Therapy Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Korban Kekerasan Seksual. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 341–356. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i2.166
Kurniawati, V. S. (2024). Pendekatan Person Centered Therapy Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa di SD. Jl. Weoro PP Blok PP, 2(66).
Lail, E. D. A., Muwakhidah, M., Rofikho, M. Z., Wahyungtiyas, F. A., Zamzami, M. A. M., & Salsabila, V. A. P. (2024). Genuineness dan Empati Konselor dalam Layanan Konseling Berdasarkan Perspektif Siswa. Teaching, Learning and Development, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.42
Nuryana, A., & Utari, P. (n.d.). Pengantar Metodologi Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. http://jurnal.universitaskebangsaan.ac.id/index.php/ensains
Purwoko Budi. (2020). Pendekatan Konseling, ISBN: 978-623-93756-3-8, Penerbit CV.Pena Persada Redaksi. Jl. Gerilya No. 292 Purwokerto Selatan, Kab Banyumas Jawa Tengah
Ratnawati, V. (2017). Penerapan Person Centered Therapy di Sekolah (Empathy, Congruence, Uncoditional Positive Regard) Dalam Manajemen Kelas. In Journal of Education Technology (Vol. 1, Issue 4).
Sholihah, A., Kusuma Dewi, P., Wijaya, M. H., & Wulandari, A. (n.d.). Implementasi Teori Person Centered Therapy dalam Praktik Mini Konseling Mahasiswa pada Peserta didik kelas VII di SMP. In Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Jl. , Laksda Adisucipto (Vol. 2).
Syakur, M., & Mufaridah, H. (2019). Analisis Teori Person Centered Therapy Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam (Vol. 1, Issue 2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i5.488-498
Article Metrics
Sari view : 3687 timesPDF - 1264 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.