PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PELAKU BULLYING

Sobri Aziz Mubarok, Yurike Kinanthy Karamoy, Fakhruddin Mutakin

Sari


Setiap individu memiliki potensi untuk menjadi korban maupun pelaku bullying. Dalam upaya menangani permasalahan ini, sekolah-sekolah telah menerapkan kebijakan yang menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari guru, siswa, kepala sekolah, hingga orang tua. Meski demikian, kebijakan ini akan berjalan efektif apabila pihak sekolah benar-benar melakukan langkah konkret dalam menumbuhkan kesadaran seluruh warga sekolah bahwa bullying merupakan gangguan serius terhadap proses pembelajaran.Penelitian yang berjudul "Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap Pelaku Bullying di Kelas X PM 3 SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari" melibatkan enam siswa dari total 31 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sementara analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS menggunakan rumus uji T.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying di kalangan siswa kelas X PM 3 masih tergolong tinggi sebelum intervensi dilakukan. Setelah pelaksanaan layanan konseling kelompok, terjadi penurunan skor rata-rata dari 105,6 menjadi 65,1. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji T, diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,028 yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (yang menyatakan konseling kelompok tidak berpengaruh terhadap pelaku bullying) ditolak, dan hipotesis alternatif (bahwa konseling kelompok berpengaruh) diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan perilaku bullying pada siswa kelas X PM 3 di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari.


Kata Kunci


Konseling Kelompok;Pelaku Bullying;Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arima, E. D. W. I. (2022). Hubungan Emotion Regulation dengan Psychological Weel-Being pada remaja dengan bullying.

Bimbingan, J. R., Oktober, E., Fipp, K., & Pendidikan, U. (2023). No Title. 8.

Cahyaningrum, V. D., Handarini, D. M., & Simon, I. M. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Empati Menggunakan Teknik Sinema Edukasi untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 139–145.

Dianes, M. (2019). Kecenderungan perilaku bullying di smp n 12 padang serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Filosofianita, A., Supriatna, M., Nadhirah, N. A., & Indonesia, U. P. (2023). 3 1,2,3.

, 92–101.

Hermawan, I., & others. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Januari, N. (2023). SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah. 2(1), 184–204.

Kasmawati, K., & Alam, F. A. (2021). Penerapan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 37–47.

Liestyasari, S. I. (2023). Kontrusi sekolah ramah anak dalam mencegah perilaku bullying di sekolah menengah atas negeri kota surakarta. UNS (Sebelas Maret University).

Pratiwi, Y. I., & others. (2021). Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy

Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. UIN AR-RANIRY.

Reni, A. (2024). Pelaksaan Konseling Individu Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan peserta didik Di SMK SMTI Bandar Lampung. UIN Radenintan Lampung.

Retong, M. L. (2019). Meminimalkan Perilaku Bullying Melalui Konseling Peer Group Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Maumere. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 103. https://doi.org/10.32585/advice.v1i2.593

Ruliyatin, E., & Ridhowati, D. (2021). Dampak Cyber Bullying Pada Pribadi Siswa Dan Penanganannya Di Era Pandemi Covid-19. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 5(1), 1. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p1-5

Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(2), 122– 133.

Sosial, J. I., Jishs, S., No, V., Juni, J., Nuris, N., Ziana, N., Qotuz, A., & Fitriana, Z. (2023). Upaya Mengatasi Bullying Melalui Pendekatan Rebt ( Rational Emotive Behavior Therapy ) Terhadap Siswa MTS Kaliwining Rambipuji. 1(2), 215–219.

Yusuf, M. (2021). Kejadian Bullying dan Dampaknya pada Remaja di Pondok Pesantren. UNIVERSITAS dr. SOEBANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i4.397-404

Article Metrics

Sari view : 514 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.