KONSELING ADLERIAN: ANALISIS PERAN SOSIAL DAN PENGALAMAN MASA KECIL DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

Reizki Maharani, Yeni Karneli

Sari


Artikel ini membahas konseling Adlerian dengan fokus pada peran sosial dan pengalaman masa kecil dalam pembentukan kepribadian. Teori Adlerian, yang dikembangkan oleh Alfred Adler, menekankan pentingnya minat sosial dan pengalaman awal individu dalam membentuk kepribadian. Dalam konteks ini, minat sosial merujuk pada kemampuan individu untuk berinteraksi dan berkontribusi pada masyarakat, yang berakar dari pengalaman masa kecil yang membentuk cara pandang mereka terhadap dunia. Misalnya, anak yang tumbuh dalam lingkungan yang mendukung kolaborasi dan empati cenderung mengembangkan kepribadian yang lebih terbuka dan peduli. Melalui analisis pustaka, artikel ini mengeksplorasi sejarah dan perkembangan teori Adlerian serta konsep-konsep utama yang mendasarinya, termasuk pengaruh lingkungan sosial dan interaksi interpersonal dalam pembentukan gaya hidup individu. Dengan memahami bagaimana pengalaman awal dan konteks sosial mempengaruhi kepribadian, kita dapat lebih baik menghargai kompleksitas individu dalam konteks sosial yang lebih luas. Kesimpulannya, teori Adlerian memberikan wawasan berharga tentang bagaimana hubungan sosial dan pengalaman masa kecil berkontribusi pada pembentukan identitas dan perilaku individu.

Kata Kunci


Konseling Adlerian, Peran Sosial, Pengalaman Masa Kecil, Kepribadian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdi, S., Hasna, A., Solihah, N. R., Khassanah, N., Hidayat, M. S., Konseling, B., Islam, U., & Syafi, A.-. (2024). Penanganan Korban Bullying : Intervensi Konseling Kelompok dengan Pendekatan Client Centered Pendahuluan. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 5(4), 108–114. https://doi.org/10.31960/konseling.v5i4.2505

Agus, A. I., Nurlim, R., Asnaniar, W. O. S., Alam, R. I., Padhila, N. I., Ernasari, E., & Ramli, R. (2023). Studi Literatur (Systematic, Narrative, Scoping, Argumentative, Theoritical). In Eureka Media Aksara. CV. Eureka Media Aksara.

Alhabsyi, B., Muthia, A., Yuni, A., & Khoirun, D. (2024). Konseling Adlerian dalam Mengidentifikasi Penanganan Harga Diri. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 23–31.

Amalia, R. A. R. W., & Naqiyah, N. (2015). The Application of Adlerian Group Counseling To Increase the Self-Adjustment. Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

Ardi, Z., Neviyarni, N., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2019). Analisis pendekatan Adlerian dalam konseling kelompok untuk optimalisasi potensi diri siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 7. https://doi.org/10.29210/120192317

Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. CENGAGE Learning.

Habsy, B. A., Mubarok, A. K., Saputri, W. E., & Firdaus, M. D. (2024). Konseling Adlerian: Tinjauan Filosofis. Tsaqofah, 4(3), 1847–1864. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i3.3017

Hidayat, F., Maulana, A., & Darmawan, D. (2020). Komunikasi Terapeutik Dalam Bimbingan Dan Konseling Islam. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(2), 139–151. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.162-03

Husnia, H., Masril, & Silvianetri. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Adlerian Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswi di Mas Ti Candung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.

Kartika, W. N. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Adlerian UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENARIK DIRI PADA SISWA KELAS VII-C MTs WRINGINANOM. Jurnal Mahasiswa BK UNESA, 01, 220. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/2747

Kristiani, L. N., & Widodo, B. (2015). Efektifitas Konseling Kelompok Adlerian dalam Mengatasi Perilaku Egosentris pada Siswa Remaja. Educatio Vitae, 2(1), 23–44.

Linda, J., Johari, K. S. K., & Amat, S. (2018). Keperluan Intervensi Konseling Berasaskan Pendekatan Terapi Bermain Adlerian Terhadap Kesejahteraan Kendiri Holistik Kanak-Kanak Mangsa Pengabaian : Satu Kajian Kes. E-Bangi : Journal of Social Sciences and HumanitiesJournal of Social Science and Humanities, 13(3), 104–118.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Susiati, L. H. (2012). Layanan Konseling Kelompok denganPendekatan Adlerian SebagaiUpaya Meningkatkan Motif BelajarSiswa Kelas III Sd Hati Suci Jakarta. Psiko Edukasi, 10(2), 148–163.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i1.44-55

Article Metrics

Sari view : 1007 times
PDF - 653 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.