ANALISIS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BIDANG KARIR UNTUK KEMATANGAN SISWA MENGHADAPI PERSAINGAN DUNIA KERJA DI SMKN 5 KEPAHIANG
Sari
Penelitian ini berlatar belakang pada pentingnya pentingnya kesiapan karir bagi siswa sekolah menengah kejuruan, yang dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Layanan bimbingan konseling karir di sekolah diharapkan mampu membantu siswa mengembangkan kematangan karir yang diperlukan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan konseling bidang karir dalam mempersiapkan kematangan karir siswa SMKN 5 Kepahiang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan melibatkan waka kurikulum, siswa, guru BK, wali kelas, dan guru mata pelajaran sebagai informan. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling karir di SMKN 5 Kepahiang telah memberikan dampak positif terhadap kesiapan karir siswa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa poin berikut: (1) Dampak Positif: Layanan bimbingan konseling karir di SMKN 5 Kepahiang memberikan dampak positif terhadap kesiapan karir siswa, (2)Peningkatan Pemahaman: Siswa menunjukkan peningkatan dalam memahami minat dan bakat mereka, (3)Rencana Karir yang Lebih Jelas: Siswa memiliki rencana karir yang lebih jelas setelah mengikuti bimbingan konseling karir, (4)Hambatan yang Ditemukan; Kurangnya pemahaman tentang pilihan karir yang tersedia dan kurangnya dukungan dari keluarga terkait pilihan karir siswa, (5)Partisipasi Aktif dan Program Terstruktur: Partisipasi aktif siswa dan adanya program bimbingan yang terstruktur membantu siswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk memasuki dunia kerja. Kesimpulannya, layanan bimbingan konseling karir di SMKN 5 Kepahiang berperan penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi persaingan dunia kerja, meski masih diperlukan peningkatan dalam beberapa aspek.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abivian, Muhibbu, Amin Budiamin, And Mubiar Agustin. “Program Bimbingan Karir Untuk Mengembangkan Kemampuan Membuat Pilihan Karir Peserta Didik,” N.D.
Amstrong, M. (2010). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice (11th ed.). London: Kogan Page.
Apriyanti, Hartini Hartini, And Beni Azwar. “Peran Guru Bk Dalam Mengembangkan Bakat Minat Dan Potensi Belajar Siswa Kelas X.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, No. 6 (December 16, 2023): 2509–18. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i6.5812.
Azwar, Beni. Konseling Karir. Curup: Lp2 Stain Curup, 2018.
Barata, Achmad S. “Skripsi: Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Melalui Informasi Karir Pada Siswa Kelas Xi.” Uii Yogyakarta, 2020.
Budiman, Chandra, Gusliadi Gunawan, And Dede Hidayat Rahmat. “Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna
Meningkatkan Kematangan Karir Pada Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 10, No. 2 (N.D.).
Brown, P., Lauder, H., & Ashton, D. (2011). The Global Auction: The Broken Promises of Education, Jobs, and Incomes. Oxford: Oxford University Press.
Defriansyah, Dedi, Hartini And Syamsul Rizal. “Pelaksanaan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Minat Melanjutkan Studi Siswa Sma Negeri 1 Muratara” 9, No. 2 (2023).
Departemen Pendidikan Nasional. “Penataan Pendidikan Profesional Konselor Dan Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal,” 2007.
Harahap, D. “Konsep Dasar Bimbingan Konseling Karir Dan Perspektif Islam.” Gan Konseling Karir Dan Perspektif Islam. Al_Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1, No. 2 (2019).
Hartono. Bimbingan Karier. Jakarta: Prenadamedia Group Divisi Kencana, 2018.
Harumi, B.P.Y, And A Marheni. “Peran Konsep Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unviversitas Udayana.” Jurnal Psikologi Udayana 5, No. 1 (2018).
Hartini, Apriyanti F, Peran Guru BK dalam Mengembangkan Bakat Minat dan Potensi Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Basicedu: 7 (6) 2023. .Analysis of Student Learning Motivation on The Basis of Providing Guidance and Counseling Services to Higher Education. Comparative and International Education 5(1):2023
Hidayati, Richma. “Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karier.” Jurnal Konseling Gusjigang 1, No. 1 (2021).
Juwitaningrum, Ita. “Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Smk.” Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling 2, No. 2 (2013): 132–47.
Manizar, E, And A Widyastuti. “Konselor Sebaya Dalam Keterbatasan Waktu Konselor Memberikan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Pandemi Covid 19.” Al_Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4, No. 1 (N.D.). Https://Doi.Org/10.24014/Ittizaan.V4i1.13959.
Partawijaya, Yan. “Layanan Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Potensi Diri Melanjutkan Masa Depan Pada Siswa Smk N 1 Way Tenong.” Uin Raden Intan Lampung, 2017.
Purwanto, A. “Pendekatan Pengembangan Kurikulum Merdeka: Konsep, Karakteristik, Dan Implementasinya. Jurnal Kajian Pendidikan.” Jurnal Kajian Pendidikan 2, No. 1 (N.D.).
Quraisy, Hidayah, And Suardu. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Writing Revolution, N.D.
Rachmawati, Y.E. “Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Awal Dan Tingkat Akhir Di Universitas Surabaya.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1, No. 1 (2012).
Rifki, Muhammad. “Study Of Evaluation Of The Implementation Of Career Guidance Programs Using Cipp Context, Input, Process And Product Models For Class Xii Students In Banjarmasin Public High School 3” 2, No. 3 (2019).
Rosadi, H.Y. “Tantangan Menjadi Guru Bk Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) Klaster Humanoira, 2020.
Salabi, Ahmad. “Pelaksanaan Bimbingan Karier Di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Banjarmasin.” Jurnal Ta’lim Muta’allim 4, No. 8 (2019).
Salahudin, Anas. Bimbingan & Konseling. Bandung: Cv. Pustaka Setia, 2019.
Santrock, J.W. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga, 2003.
Susila Elawati, Hartini Hartini, Beni Azwar. Strategi Supervisi Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Integred Instructional Strategy di Era Digital. MUHAFADZAH: 3(1). 2022. H. 40-51
Syachdial, Nurhayati. “Skripsi: Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir Terhadap Minat Melanjutkan Studi Siswa Kelas Xii Smk N 2 Purwekerto.” Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2020.
Walgito, Bimo. Bimbingan Dan Konseling (Studi Dan Karir). Yogyakarta: Andi Offse, 2012.
Widarto. Bimbingan Karier Dan Tips Berkarier. Yogyakarta: Pt Leutika Nouvalitera, 2015.
Wina Sanjaya,(2013), Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode Dan Prosedur, Jakarta: Kencana, H. 263
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i4.621-635
Article Metrics
Sari view : 247 timesPDF - 51 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.