PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENUMBUHKAN DISIPLIN ANAK: STUDI LITERATUR TENTANG REWARD DAN PUNISHMENT
Sari
Penelitian kepustakaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan behavioristik, khususnya penerapan reward dan punishment, dalam menumbuhkan disiplin anak. Berdasarkan analisis terhadap berbagai literatur ilmiah, ditemukan bahwa reward dan punishment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan perilaku anak. Reward, seperti pujian, hadiah, dan bentuk apresiasi lainnya, dapat meningkatkan motivasi dan mendorong anak untuk mengulang perilaku positif. Punishment, seperti teguran, hukuman, dan konsekuensi negatif, dapat mengurangi frekuensi perilaku negatif dan mengarahkan anak untuk memahami konsekuensi dari tindakannya.
Penelitian menunjukkan bahwa reward dan hukuman terbukti efektif dalam mengubah perilaku anak, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa berbagai faktor dapat memengaruhi keberhasilan mereka; ini termasuk usia anak, jenis reward dan hukuman, frekuensi pemberian, konsistensi, dan hubungan antara pemberi dan penerima. Beberapa studi menunjukkan adanya korelasi positif antara pemberian reward dan peningkatan disiplin anak, sementara studi lain menunjukkan bahwa punishment yang diterapkan secara tepat dan proporsional dapat efektif dalam mengurangi perilaku negatif. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek jangka panjang dari reward dan punishment, serta efektivitas berbagai jenis reward dan punishment dalam konteks yang berbeda. Studi longitudinal yang mengkaji perkembangan disiplin anak dari waktu ke waktu dan studi komparatif yang membandingkan efektivitas berbagai jenis reward dan punishment akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik ini. Penelitian ini memiliki implikasi praktis yang signifikan bagi orang tua, guru, dan praktisi pendidikan dalam mendidik anak dan menumbuhkan disiplin. Pengetahuan tentang pendekatan behavioristik, reward, dan punishment dapat membantu para pendidik dalam menerapkan strategi yang tepat dan etis dalam membentuk perilaku positif dan mengurangi perilaku negatif pada anak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad Syawaludin, S. M. (2018). Reward and Punishment in the Perspective of Behaviorism. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 1(Snpd), 18–23.
Arinalhaq, R., & Eliza, D. (2022). Dampak Pemberian Reward and Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1925–1930. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2697
Chen, X. (2023). A Study of Using Reward and Punishment in The Education of School-Aged Children— Based on Behaviorism Theory Operant Conditioning. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 10, 86–90. https://doi.org/10.54097/ehss.v10i.6896
Darimi, I., & Ismail, B. (2019). Education “Jaman Now”: Reward and
Punishment Review. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 25(2), 47–50. https://doi.org/10.17977/um047v25i12018p047
Johnson, M. H., George, P., Armstrong, M. I., Lyman, D. R., Dougherty, R. H., Daniels, A. S., Ghose, S. S., & Delphin-Rittmon, M. E. (2014). Behavioral management for children and adolescents: Assessing the evidence. Psychiatric Services, 65(5), 580–590. https://doi.org/10.1176/appi.ps.201300253
Lalić-Vučeti, N., & Spasenović, V. (2007). Rewarding and punishing children of different social behaviour. Zbornik Instituta Za Pedagoska Istrazivanja, 39(2), 367–382. https://doi.org/10.2298/ZIPI0702367L
Masaki, F. (2021). Growing-and-giving mindset intervention in early childhood education: A collaborative action research. Qualitative Report, 26(11), 3619–3639. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2021.5046
Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113
Pratiwi, Y., Mustakim, I., Safruddin, M., & Maemonah. (2023). Rewards dan Punishments; Indera Pendidikan Integrasi dalam Eksekusi Edukasi Kedisiplinan. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), 60–74. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i1.2319
Puspita, Y., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Implementasi Pendekatan Behaviorisme Dalam Pemberian Reward Untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak
Usia Dini, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.118
Ramadhani, N. A., Mujahidah, M., & Rukayah, R. (2022). Hubungan Pemberian Reward and Punishment Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(3), 406. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34750
Safitri, M. L. O., Hermawan, R., & Sari, Y. A. (2023). Reward or Punishment, Which is Better to Use in Elementary Schools? Bulletin of Science Education, 3(1), 9. https://doi.org/10.51278/bse.v3i1.539
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i4.636-649
Article Metrics
Sari view : 403 timesPDF - 42 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.