TELAAH FILSAFAT ILMU SEBAGAI LANDASAN DALAM PRAKTIK BIMBINGAN DAN KONSELING

Kanaya Yose Putri, Yeni Karneli, Solfema Solfema

Sari


Bimbingan dan konseling merupakan suatu kegiatan profesional yang dilakukan oleh seorang ahli yaitu konselor atau guru BK dalam rangka membantu individu yaitu klien atau konseli agar dapat mengatasi permasalahan yang sedang dihadapinya, sehingga individu tersebut dapat mencapai perkembangan yang optimal dalam hidupnya. Bimbingan dan konseling merupakan suatu disiplin ilmu yang berakar dari filsafat dan berkembang dari disiplin-disiplin ilmu dasar lainnya. Dalam praktik bimbingan dan konseling, pemikiran serta pemahaman filosofis secara umum menjadi dasar yang sangat bermakna. Filsafat menyediakan dasar pijakan bagi bimbingan dan konseling untuk kokoh berdiri. Keberadaan filsafat memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing dan mengarahkan praktik bimbingan dan konseling. Dengan pemikiran serta pemahaman filosofis yang melandasi praktik bimbingan dan konseling, akan menjadikan konselor lebih fasilitatif dan mampu menerapkan upaya pemberian bantuan kepada klien dengan lebih efektif.

Kata Kunci


Filsafat Ilmu; Landasan; Bimbingan dan Konseling.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggreini, Inggita Sukma, et.al. (2023). Hakikat Ilmu dan Pengetahuan dalam Kajian Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 9 No. 17.

Asri, D. N. (2016). Peranan Self-Regulated Learning Dalam Pendekatan Konstruktivisme Dalam Kerangka Implementasi Kurikulum Tahun 2013. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 4 No. 1.

Basit, A. (2015). Ilmu Komunikasi Islam Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 5 No. 2.

Creswell, John W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dorcas. (2015). Functional Guidance and Counselling Centre In Tertiary Institution. The Journal of International Social Research.

Gie, The Liang. (1999). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Gladding, S. T. (2012). Effective group counseling. Greensboro, NC: ERIC/CASS.

Habsy, Bakhrudin All. (2017). Filosofi Keilmuan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan, Vol. 2 No. 1.

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol. 2 No. 2.

Harlina, Desi, Jamaris dan Solfema. 2022. Peran Ilmu Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Filsafat. Jurnal Nusantara of Research, Vol. 9 No. 1a.

Heppner, P. Paul et., al. (2008). Research Design in Counseling. Thomson: Canada.

Jonathan & Sarwono. (2006) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Kiat Mendidik sebagai Landasan Profesional Tindakan Konselor: UPI Press.

Mustika, Humaira, Jamaris dan Solfema. (2023). Urgensi Filsafat Ilmu dalam Bimbingan dan Konseling di Era Digital. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, Vol. 6 No. 2.

Nasution, Henni Syafriana dan Abdillah. 2019. Bimbingan Konseling Konsep Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.

Nurhayati, dkk. (2021). Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Tasamuh. Vol.13 No.2

Prayitno & Amti, E. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno & Erman Amti. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Renika Cipta.

Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanyata, S. (2013). Orientasi Filosofis Pendekatan Konseling: Pengaruh Eksistensialisme dalam Konseling. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Populis Berwawasan Budaya. FIP UNY, Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surajiyo. (2007). Filsafat Ilmu dan Perkembangannya Di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara

Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suwartini, S. (2015). Menilik Keilmuan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Perspektif Filsafat Sistem Jasser Auda. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, Vol. 12 No. 1.

Tambuwal, M.U. (2010). Organizing and administering guidance and counseling programme at the elementary school level for effective performance. A Paper Delivered at 4 Day Workshop for Para-Counselling Officers by the SUBEB in Collaboration with SSCOE, Sokoto.

William, D., Wilkins & Barbara J. Perlmutter. (2016). The Philosophical Foundations of Guidance and Personnel Work.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i4.558-566

Article Metrics

Sari view : 420 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.