IMPLIKASI TEKANAN AKADEMIK PADA KESEHATAN MENTAL SANTRI: STUDI KASUS SANTRI PENGHAFAL ALFIYYAH DI PONDOK PESANTREN
Sari
Penelitian ini mengkaji dampak tekanan akademik yang dialami santri dalam proses menghafal Al-Fiyyah di Pondok Pesantren Darussalam, di mana mereka sering menghadapi kesulitan belajar akibat padatnya jadwal kegiatan dan tuntutan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak tekanan akademik terhadap kesehatan mental santri dan mengevaluasi beberapa treatment yang diterapkan untuk mengurangi dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data ini yang digunakan meliputi observasi partisipatif untuk mengamati langsung santri selama proses hafalan, wawancara mendalam dengan santri untuk menggali pengalaman pribadi, serta wawancara dengan ustadzah untuk memperoleh informasi terkait perkembangan hafalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa treatment yang diterapkan efektif dalam mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan mental, dan performa akademik santri, di mana manajemen waktu membantu pengelolaan jadwal yang baik, pendampingan psikologis melalui konseling mengurangi kecemasan, serta evaluasi hafalan yang fleksibel membuat santri merasa lebih fokus dan tidak terbebani.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, F. F., & Miharja, S. (2024). Implementasi Penyuluhan Kesehatan Mental dalam Upaya Meningkatkan Adversity Quotient Santri. 1(1), 35–42.
Dewi, R. D. C. (2024). Empowering Minds Strategi dan Sumberdaya Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Dikalangan Anak Sekolah DAan Mahasiswa. In ruang karya (Cetakan Pe). Ruang Karya.
Erni Fitriani Sipayung, A. W. (2022). PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MODEL CHIPS MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DARI PERSPEKTIF ORANG TUA Erni. Jurnal Pendidikan Tematik DIKDAS, 7(2), 149–155.
F. Isroani, S. Mahmud, et al. (2023). psikologi perkembangan (aeni rahmawati (ed.); cetakan er). mitra cendekia media.
Fachruddin, I. M. N. M. Y. F. (2021). Strategi Kiai Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Manbaul
Furqon Karehkel Kecamatan Leuwiliang Bogor Tahun 2020. Jurnal Ilmiah, 01(01), 121.
Firdaus, Z. K., & Syariah, P. S. (2023). PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KESEHATAN MENTAL , STUDI MENGENAI KESEHATAN MENTAL MAHASISWI MAHAD AISYAH BINTI ABU BAKAR , BOGOR. 1(2), 93–98.
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54.
Fox, J., & Gasper, R. (2020). The choice to disclose (or not) mental health ill-health in UK higher education institutions: a duoethnography by two female academics. Journal of Organizational Ethnography, 9(3), 295–309. https://doi.org/10.1108/JOE-11-2019-0040
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). PENGARUH MOTIVASI DAN METODE MENGHAFAL TERHADAP PRESTASI HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI TAKHOSUS PONDOK PESANTREN AL-QUR’ANIYYAH TANGERANG SELATAN. 3(2), 91–102.
Huriyah, S., Ahdad, M. M., & Rahman, U. (2023). PENERAPAN TEORI OPERANT CONDITIONING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL Al-QUR’AN SANTRI DI LPTQ DARUL IMAM MASJID AGUNG. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 1(Juni), 1–10.
Isidório, M. S. (2023). Introduction: The Social Construction of Adolescence in Contemporaneity. In M. S. Isidório & L. E. Bass (Eds.), The Social Construction of Adolescence in Contemporaneity (Vol. 31, pp. 1–6). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1537-466120230000031001
Klenke, K. (2017). Religion and Spirituality as Context for Women’s Leadership. In Women in Leadership 2nd Edition (pp. 341–384). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-78743-063-120172009
Lubis, P. (2018). Pembelajaran Nahwu Dengan Nazham Alfiyah Ibn Malik. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 1(1), 27.
Misbahudin, H. M. (2024). Analisis Pengaruh Tekanan Psikologis Dan Beban Tugas Terhadap Kesejahteraan Mental Santri: Studi Kasus. AN NAJAH (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan, 3(Juli), 331–335.
Mubarok, M. B. U., & Qulub, T. (2023). Peran Konseling Individu Dalam Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa Santri Tahfiz Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Jurnal At-Taujih: Kajian Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 83–99.
Nadyandra, K. R., & Nio, S. R. (2023). Hubungan stress akademik dengan motivasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 3614–3622.
Nurul Romdoni, L., & Malihah, E. (2020). Membangun pendidikan karakter santri melalui panca jiwa pondok pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 13–22. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808
Philosophy, E., Zainab, S., Yoza, K. N., & Aceh, M. (2024). The Effect of Self-Regulation on Academic Stress Among Tahfidz Students at MA Ulumul Qur’an Pagar Air. Alacrity : Journal Of Education, 4(3), 190–202.
Prasetya, P. U. (2020). Pengaruh Intensitas Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Melalui Mediasi Stres Akademik Santri Di Pondok Pesantren. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(2), 12–25. https://doi.org/10.56971/jwi.v5i2.74
Putri, F. M., Swandi, A., & Rahmadhanningsih, S. (2024). Analisis Efektivitas Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 24(2), 409–416. https://doi.org/10.35965/eco.v24i2.4737
Ramadhan, H. (2022). Gambaran tingkat stress akademik pada mahasiswa akhir yang sedang menyususn skripsi. Gambaran Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi, 4(10), 1–8. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB
Rizqullah, R. D., & Ansyah, E. H. (2024). Dukungan Sosial dan Stres Akademik pada Siswa Madrasah Aliyah. 1(2), 1–11.
Sugiyono. (2021). Buku Metode Penelitian Komunikasi.pdf.crdownload (pp. 1–718).
Ummah, M. S. (2019). Perbandingan Pengaruh Strategi Coping Terhadap Tingkat Stres Antara Santri Laki-Laki Dan Perempuan Kelas Akhir Di Pondok Pesantren. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Vickri, M., Saputra, D., & Affandi, G. R. (2024). Efikasi Diri Lebih Efektif Mengurangi Stres Akademik Dibandingkan Dukungan Sosial. Pubmedia Journal of Islamic Psychology, 1(1), 1–13. https://diksima.pubmedia.id/index.php/Psychology/article/view/56
Wahyu, V. M. (2019). Penerapan Reward dan Punishment Sebagai Strategi Pembinaan Disiplin Santri Kelas XII di Ponpes Daarul Rahman Jakarta. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i4.567-577
Article Metrics
Sari view : 198 timesPDF - 50 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.