PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP VERBAL BULLYING SISWA KELAS VII SMPN 1 PAKUSARI JEMBER

Nurhayati Nurhayati, Fakhruddin Muttakin, Arifin Nur Budiono

Sari


Pendidikan merupakan proses sistematis yang melibatkan pengajaran dan pembelajaran dengan bertujuan untukmeningkatkan pengetahuan,keterampilan,nilai-nilai,dan pemahaman padatingkatindividu. Verbal bullying adalah perilaku kekerasan secara verbal yang dilakukan secara berulang-ulang oleh satu individu atau sekelompok individu terhadap individu lainnya dengan tujuan untuk menyakiti korban. Peneliti melakukan observasi di kelas VII SMPN 1 Pakusari dan diperoleh data sekitar 90% menunjukkan siswa menjadi korban verbal bullying dengan kategori tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Verbal Bullying. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan menggunakan desaign pretest postest desaign. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum perlakuan persentase korban verbal bullying berada pada kategori tinggi yaitu berada di skor 75-89.Sedangkan hasil postest setelah perlakuan berada di kategori sedang, rendah, dan sangat rendah yaitu berada di skor antara 37-66. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap korban verbal bullying melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing.

Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Verbal Bullying, Role Playing


Kata Kunci


Bimbingan Kelompok; Verbal Bullying; Role Playing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (1), 149–156.

Arifin Nur Budiono & Muhammad Nur Salim. (2012). Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Penurunan Bullying Verbal di Kelas VIIIB MTs Al Maarif Wuluhan. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 7, No.(1), 190–199.

Dwi Prastiwi, A., Budiono, A. N., & Karamoy, Y. K. (2021). Bullying dan Kondisi Psikososial Siswa Kelas XI IPA Sma Negeri 3 Jember. Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 20–29.

Noerlaela Alfa Riski & irvan Budhi Handaka. (2023). Bimbingan Kelompok Teknik RolePlaying Sebagai Alternatif Untuk Mengurangi Perilaku Bullying.

Nur Budiono, A., & Rahayu, S. (2018). Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konselingdan PsikologiMenurunkan Intensitas Bullying Melalui Metode Role PlayingPada Siswa. 46–50.

Putriani, Fajar Ari, 2019. (2023). Laporan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling Upaya Mereduksi Perilaku Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa SMPNegeri1 Ngoro. JurnalIlmiah PendidikanVisioner (JIPV), 4(1), 21–26.

Rahma Afrela : 2023 .(n.d.) .Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Verbal Bullying Raden Intan Lampung

Wariyanti, W., Budiono, A. N., & Prawita, S. (2018). Dampak Pelatihan ,Teknik Role Playing terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Consulenza : Jurnal 40–45.

Handayani, R. P., & Noviandari, H. (n.d.). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Analisis Transaksional Teknik Role Playing Terhadap Penurunan Bullying. 62– 68.

Jahju Hartini. (2022). Bimbingan Kelompok. In Paper Knowledge . Toward a MediaHistory of Documents.

Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: JurnalPendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2).

Leedy, Paul Dand Ormrod, J.E.(2015). Pracical Reseach Planning and Design. In Pearson Education (Vol. 53, Issue 9).

Mansyur, J., & Bullying, P. (2021). Penerapan Teknik Role Playing Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Remaja. 3(2), 47–55.

Nadialista Kurniawan, R.A.(2021).Dampak Bullying TerhadapPerkembangan Emosi Remaja di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.

Industry and Higher Education, 3 (1),1689–1699.

Sukarmanto, E., Partha, I. G. A., … Abyan, M.A. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Pembelajaran Maharah Al-kalamdi PKPBA UIN Maliki Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 1–29.

Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing.

Yuliani,N.(2019).Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate. Zakiyah,E.Z., Fedryansyah,M.,&Gutama,A.S.(2018).theImpact of Bullying Againts Teen




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i4.578-585

Article Metrics

Sari view : 415 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.