ANALISIS PROSES BELAJAR ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA YANG BUTA AKSARA DI SDN 3 LAKATAN
Sari
Pembelajaran dalam konteks pendidikan formal dapat berlangsung di lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah serta lingkungan keluarga yang berfariasi tingkat pendidikannya, bahkan ada yang tidak mengenyam pendidikan atau buta aksara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar anak di lingkungan keluarga yang buta aksara, faktor penghambat proses belajar anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi dokumentasi dan studi kasus, penelitian berlokasi di Sekolah dasar negeri 3 Lakatan. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan orang tua siswa di SDN 3 Lakatan yang buta aksara cenderung sibuk bekerja untuk mencari nafkah , sehingga perhatian terhadap proses belajar anak di rumah masih kurang. Kurangnya dukungan, motivasi dari orang tua, sehingga anak yang bersekolah tidak memperoleh dukungan fasilitas belajar seperti alat tulis maupun kebutuhan sekolah, sehingga memberi dampak anak sulit beradaptasi, kesulitan dalam menerima pembelajaran di kelas. Dapat di simpulkan bahwa anak yang memiliki orang tua yang buta tidak mendapatkan perhatian yang khusus dalam belajar di rumah dan kurangnya motivasi dari orang tua.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aqdam, A. A. Al, Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Analisis Karakter Disiplin dan Motivasi Siswa Belajar di Rumah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1873 1879. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/5744/4177
Dewi Afifah, M., Rakhmat Riyadi, A., & Mulyasari, E. (2019). Hubungan perhatian orang tua dalam kegiatan belajar dengan prestasi belajar siswa sd. Jurnal Pendidikam Guru Sekolah Dasar, 4(3), 218 228. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/22979/11288
Hidayati, T., Adzim, A., & Muafiqie, H. (2020). Pengaruh tingkat kemiskinan orang tua terhadap prestasi belajar siswa melalui pemenuhan kebutuhan sekolah:(studi kasus di SMA Negeri 3 Jombang). Journal of Public Power, 3(1), 1–12. http://ejournal.undar.ac.id/index.php/jpp/article/view/225%0Ahttp://ejournal.undar.ac.id/index.php/jpp/article/download/225/138
Indonesia, P. R. (2003). UU Republik Indonesia tentang sistem pendidikan nasional. Pusdiklat Perpusnas, 18(1), 6. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/4220/UU NO 2 TH 1989.pdf
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (F. Husaini (ed.); 1st ed.). anak hebat indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif_dan_Kualit/yz8KEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+penelitian+kuantitatif+dan+kualitatif&printsec=frontcover
Kadir A, A., Patta, R., Hasan, K., Malik, A., & Kamaruddin. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V SD. Jppsd:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4), 449–457. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.32199
Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Petik, 7(1), 63 70. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1212
Lubis, U. W., Hasibuan, B. L., Angreiny, H., & Tanjung, S. R. (2022). Faktor resiko kejadian yang menyebabkan buta huruf Pada anak sekolah di desa batang bulu baru, kecamatan Barumun Selatan, Padang Lawas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1886–1889. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2735
Ningrum lilia kusuma. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan. In Institut agama islam negeri (IAIN) Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/444/1/Skripsi_Lilia
Kusuma Ningrum_PAI_1501010067-Perpustakaan IAIN Metro.pdf
Noya, A. (2020). Pendidikan papa mama (Abdul (ed.); 1st ed.). cv adanu abimata. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Papa_Mama/33oTEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendidikan+papa+mama&pg=PR6&printsec=frontcover
Paksi, A. K., Badruzaman, I., Ilham, M., & Iswari, R. D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Abdimas Galuh, 4(2), 779–788. https://eprints.unhasy.ac.id/345/24/1. Buku Chapter_METODE PENELITIAN KUALITATIF.pdf
Razak, A., Fauzi, M. A., & Sudarmo, A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Siswa dan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 001 Bulang Kota Batam. El-Ibtidaiy:Journal of Primary
Education, 5(1), 29 34. https://doi.org/10.24014/ejpe.v5i1.16447
Walimah, S. (2021). Pengaruh komunikasi guru dan orang tua terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532 1538. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/966
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis faktor penghambat belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SD Inpres 141 Matalamagi kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10 16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700 1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983
Zulparis, Mubarok, & Iskandar, B. A. (2021). Keterlibatan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 188 194. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33292
Article Metrics
Sari view : 55 timesPDF - 36 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.