HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMPN 02 SILO JEMBER TAHUN AJARAN 2023-2024

Yayuk Nur Inda Yani, Arifina Nur Budiono, Fakhruddin Mutakin

Sari


Proses pembelajaran ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan fase penting dalam perkembangan akademik siswa. Pada tahap ini, siswa dihadapkan pada berbagai tantangan akademik yang menuntut ketahanan atau resiliensi akademik untuk mampu mengatasi hambatan dan tetap berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self efficacy dengan resiliensi akademik siswa SMPN 02 Silo. Self efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu, sementara resiliensi akademik merujuk pada kemampuan siswa untuk bertahan dan bangkit dari kesulitan-kesulitan akademik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 144 orang. Adapun sampel diambil dengan metode random sampling berdasarkan table krecjie and morgan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket self efficacy dan angket resiliensi akademik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan resiliensi akademik siswa. Temuan ini menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat self efficacy siswa, maka semakin tinggi pula tingkat resiliensi akademiknya. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi para pendidik dan konselor dalam upaya untuk terus meningkatkan self efficacy dan resiliensi akademik siswa melalui program-program intervensi yang tepat. 

Kata Kunci


Motivasi Belajar; Resiliensi Akademk; Self Efficacy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisania, V., & Nursanti, A. (2024). Student engagement dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat awal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(3), 296–305.

Astike, A. Q., Budiono, A. N., Budiono, A. N., Ernawati, S., & Ernawati, S. (2024). Pengaruh Pelatihan Self Management Tehadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Bidikmisi Program Studi Bimibingan Dan Konseling Universitas Islam Jember. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 281. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.281-289

Basith, A., Syahputra, A., & Aris Ichwanto, M. (2020). Academic Self-Efficacy As Predictor Of Academic Achievement. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 163. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.24403

Budiono, A. N., Izzah, E. R., & Mutakin, F. (2023). Hubungan Grit Dan Resiliensi Akademik Kelas X Ab Di Smk Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(2), 407. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.10368

Budiono, A. N., Suryani, W., & Triana, D. (2022). Hubungan Academic Self Eficacy dengan Academic Resilience. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1589

Fauziana. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan, 11(1), 2022.

Humaira, Y., Menanti, A., & Dewi, S. S. (2023). Pengaruh Sense of Humor dan Self Compassion Terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 2308–2321. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1566

Irawan, R., Renata, D., & Dachmiati, S. (2022). Resiliensi akademik siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 135–140.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Meiranti, E., & Sutoyo, A. (2020). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa SMK di Semarang Utara. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 119–130.Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 2009, 433–441. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3455

Mufaridah, H., & Rachmawati, I. (2023). Resiliensi Akademik Mahasiswa Pesantren. Coution: Journal of Counseling and Education, 4(1), 1–6.

Oktaningrum, A., Santhoso, F. H., Psikologi, F., Gadjah, U., & Yogyakarta, M. (2018). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Siswa SMA Berasrama di Magelang. 4(2), 127–134. https://doi.org/10.22146/gamajop.46359

Prawitasari, T., & Antika, E. R. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 177–185.

Sahin, A., Renatha Ernawati, Rizki Amalia, Raudah Zaimah Dalimunthe, Amalia Rizki Pautina, Sya’ban Maghfur, Dini Chairunnisa, & Ahmad Fasya AlfayyadI. (2024). Self-Efficacy Pada Siswa: Systematic Literatur Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 627–639. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5549

Satrianta, H., Rufaidah, A., Nisa, A., & Dachmiati, S. (2021). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(02), 33–43.

Saufi, M., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2022). Self Regulated dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(1), 67–75.

Solihin, S., Budiono, A. N., & Wahyuni, W. (2019). Upaya Meningkatkan Self Efficacy melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 20–24. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v2i1.731

Utada, N. N., Fitriani, Y., & Pertiwi, Y. W. (2023). Resiliensi Akademik Pada Siswa Smpn 08 Tambun Seltan Pasca Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Jenis Kelamin: Nabila Nurika Utada, Yulia Fitriani, Yuarini Wahyu Pertiwi. Social Philanthropic, 2(1), 52–58.

Wati, Y.D.R., Budiono, A.N., Karamoy, Y. K. (2023). (2023). Resiliensi Dengan Orientasi Karier Peserta Didik SMK. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 7(2): pp 168-173. 7(2), 168–173.

Yanti, S. F., & Tantoro, S. (2017). Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur. Riau University.

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2 (2), 386-391




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i4.518-526

Article Metrics

Sari view : 360 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.