UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERENCANAAN KARIER LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA PERMAIAN MERANGKAI GAMBARAN
Sari
Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah perencanaan karier peserta didik dapat ditingkatkan melalui bimbingan klasikal menggunakan media permainan merangkai gambar pada peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yang menunjukkan hasil terdapat peningkatan perencanaan karier siswa melalui layanan bimbingan klasikal dengan media permainan merangkai gambar yang pada siklus I memiliki rata-rata 52,5% dengan kategori cukup meningkat sebesar 37 sehingga pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 89,5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindak kelas ini dapat dikatakan berhasil..
Kata kunci:
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Board Games Puzzle Karier : Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Kemampuan Ketrampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMA. 2019(July), 1–23.
Aminurrohim, A.W., W., Saraswati, S. dkk. (2014). Survei Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karier Siwa. Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Armanta, A. D., & Nuryono, W. (2016). Pengembangan Media Bingo Perencanaan Karier dalam Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 4 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 2005. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/17006/15454
Armitha, B., Sari, P., Prasetiawan, H., & Utomo, N. B. (2021). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Media Meistery Box Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Kuripan Lombok Barat Tahun 2021. 1(1), 416–425
.
Purwanida, M. S. (2021). Meningkatkan Perencanaan Karir melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2020/2021.
Sudjana, N. (2018). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyatno. (2014). Standar Kompetensi Kemandirian. Materi Dasar-Dasar BK, 2.
Sukardi, D. K. (1987). Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramitra Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.485-493
Article Metrics
Sari view : 342 timesPDF - 283 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.