UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERENCANAAN KARIER LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA PERMAIAN MERANGKAI GAMBARAN

Alfarin Nur Annisa, Denok Setiawati, Koes Widjanarko

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah perencanaan karier peserta didik dapat ditingkatkan melalui bimbingan klasikal menggunakan media permainan merangkai gambar pada peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yang menunjukkan hasil terdapat peningkatan perencanaan karier siswa melalui layanan bimbingan klasikal dengan media permainan merangkai gambar yang pada siklus I memiliki rata-rata 52,5% dengan kategori cukup meningkat sebesar 37 sehingga pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 89,5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindak kelas ini dapat dikatakan berhasil.. 

Kata kunci: 


Kata Kunci


Perencanaan Karier; Bimbingan Klasikal; Media Permainan Merangkai Gambar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Board Games Puzzle Karier : Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Kemampuan Ketrampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMA. 2019(July), 1–23.

Aminurrohim, A.W., W., Saraswati, S. dkk. (2014). Survei Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karier Siwa. Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Armanta, A. D., & Nuryono, W. (2016). Pengembangan Media Bingo Perencanaan Karier dalam Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 4 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 2005. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/17006/15454

Armitha, B., Sari, P., Prasetiawan, H., & Utomo, N. B. (2021). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Media Meistery Box Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Kuripan Lombok Barat Tahun 2021. 1(1), 416–425

.

Purwanida, M. S. (2021). Meningkatkan Perencanaan Karir melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2020/2021.

Sudjana, N. (2018). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyatno. (2014). Standar Kompetensi Kemandirian. Materi Dasar-Dasar BK, 2.

Sukardi, D. K. (1987). Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramitra Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.485-493

Article Metrics

Sari view : 342 times
PDF - 283 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.