UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KOMUNIKATIF “GAMES CARD CASE”

Antonia ZukhrufKama Duta Aprilia, Denok Setiawati, Koes Widjanarko

Sari


Tingginya angka kasus bullying di sekolah menjadi catatan merah dalam rapor pendidikan kita. Hal ini memiliki urgensi untuk segera ditangani karena besarnya dampak negatif yang ditimbulkan oleh perilaku ini. Salah satu upaya dalam pencegahan dan penanganan bullying adalah melalui pendidikan. Pendidikan sebagai upaya pencegahan bullying dapat dioptimalkan dengan menggunakan variasi permainan komunikasi Games Card Case. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan pemainan komunikatif Games Card Case dalam peningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai bullying. Metode penelitian yang digunakan dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat terlihat bahwa permainan komunikatif Games Card Case mempermudah peserta didik dalam memahami bullying. Dengan kata lain,permainan ini efektif digunakan sebagai upaya meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai bullying yang dibuktikan dengan hasil analisis nilai pretest dan post-test serta observasi dan wawancara. 


Kata Kunci


Pencegahan Bullying; Permainan Komunikatif; Games Card Case

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Evans, C. B. R., Smokowski, P. R., Rose, R. A., Mercado, M. C., and Marshall, K. J. (2019). Cumulative bullying experiences, adolescent behavioral and mental health, and academic achievement: An integrative model of perpetration, victimization, and bystander behavior. Journal of Child and Family Studies, 28, 2415-2428

Irawan, F. A. dkk. (2022). Permainan hadang sebagai media kpoti dalam peningkatan aktivitas fisik melalui lestari budayaku bugar bangsaku. Journal of Sport Education. 5(1).

Kurniasih, D., Rusfiana, Y., Subagyo, A., dan Naradhawati, R. 2021. Teknik Analisa. Bandung: ALFABETA

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. IJAR. 1(2): 1-13 Doi: https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Makkatenni, N. H., Bamba, A. T., Tandiallo, R. S., Nurmila., Ariqah, N. (2021). Molly Polly: Permainan Berbasis Media Pembelajaran untuk Mengedukasi Anti Perilaku Perundungan. Jurnal Psikologi Insight. 5(2): 116-129

Purwasih, S. M., dan Rahmadhani, E. (2021). PENERAPAN SCAFFOLDING SEBAGAI SOLUSI MEMINIMALISIR KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 7(2): 91-99. DOI: https://dx.doi.org/10.24853/fbc.7.2.91-98

Sahana, Y., Wahyuni, S., Jannah, S. R., dan Q., S. F., (2024). PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMAHAMAN BULYYINGDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 7(2): 6187-6193

Setiawan, A., Wiryanto., dan Hendratno. 2024. Upaya Pencegahan School Bullying di Sekolah Dasar Melalui Pembuatan Poster dari Barang Bekas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 09(01): 2546-2557.

Utami, D. P., dkk. (2021). IKLIM ORGANISASI KELURAHAN DALAM PERSPEKTIF EKOLOGI. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(12): 2735-2743




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.477-484

Article Metrics

Sari view : 372 times
PDF - 965 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.