UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS XII 1.3 DI SMA N 11 SURABAYA

Bagus Satriawan, Denok Setiawati, Koes Widjanarko

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan perencanaan karier pada siswa kelas XII 1.3 SMA Negeri 11 Surabaya sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tentang karier. Perencanaan karier bemanfaat bagi siswa, yakni meminimalkan kemungkinan dibuatnya kesalahan-kesalahan yang berat dalam memilih alternatif-alternatif yang tersedia. Dengan adanya informasi yang cukup mengenai karier, diharapkan siswa dapat merencanakan karier yang matang. Penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan layanan informasi dalam upaya peningkatan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XII 1.3 SMA Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindak bimbingan konseling dengan jumlah 25 siswa Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan satu teknik yaitu observasi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data observasi adalah: pedoman observasi kemampuan perencanaan karier siswa. Teknik analisis data dilakukan terhadap hasil pengamatan. Analisis data pada penelitian ini adalah diskriptif komparatif, karena membandingkan kemampuan perencanaan karir siswa yang ditunjukkan dengan hasil observasi melalui pedoman observasi antara kondisi awal dengan siklus I, dan siklus I dengan II serta membandingkan kemampuan perencanaan karir siswa antara kondisi awal dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan layanan informasi dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XII 1.3 di SMA Negeri 11 Surabaya. Hasil akhir penelitian tindakan bimbingan dan konseling menunjukkan rata-rata nilai gabungan subyek penelitian menunjukkan nilai 3.4 atau dalam kategori baik. Sedangkan secara rata-rata perbandingan nilai sebelum pelaksanaan PTBK dengan siklus II terjadi peningkatan 1,58. Saran kepada guru BK dapat mengembangkan layanan informasi karir terhadap peningkatan kemampuan perencanaan siswa

Kata Kunci


Layanan Informasi; Perencanaan Karier Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling 1(1).

Pio, Riane Johnly. (2017). Perencanaan dan pengembangan karir. In Seminar Nasional TIK Dan Ilmu Sosial (SocioTech), vol. 7, no. 2, pp. 207-215.

Santrock (2003) Adolesence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga

Mardiyanti, G. M. 2015. Pengaruh keputusan investasi,keputusan pendanaan,ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol 6, No. 1.

Masturina, D. 2018. Pengaruh Kompetensi Diri dan Kepercayaan Diri terhadap Perencanaan Karir. Psikoborneo. Vol. 6, No. 2. ISSN: 2477-2666/E-ISSN: 2477-2674.

Wakhinuddin (2020). Perkembangan Karir Konsep Dan Implikasinya. UNP PRESS




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.468-476

Article Metrics

Sari view : 425 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.