GAMBARAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 6 SEMARANG

Chofifah Nur Mustaghfiroh, Eka Sari Setianingsih

Sari


Regulasi belajar diri adalah kapabilitas individu untuk mengatur dan memantau diri sendiri, mulai dari pikiran, emosi, hingga tindakan, demi mencapai tujuan pembelajaran. Regulasi diri ini sangat penting untuk memastikan siswa memiliki kemandirian dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat regulasi diri siswa kelas X SMA N 6 Semarang. Populasi penelitian mencakup 432 siswa, dengan 208 di antaranya menjadi sampel yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat regulasi diri siswa kelas X SMA N 6 Semarang berada pada kategori rendah, dengan skor mencapai 71,63%. Oleh karena itu, penanganan terhadap masalah ini diharapkan dapat dilakukan agar siswa dapat mengatasi kesulitan mereka. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada siswa.

Kata Kunci


Regulasi diri; Peserta Didik; Sekolah Menengah Atas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwisol. 2009. Psikologi kepribadian edisi

revisi. Malang: UMM Press

Kristiyani, T. (2016). Self Regulated

Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya bagi Siswa di Indonesia. In Sanata Dharma University Press, Yogyakarta.

Puspitasari, R. A., Rakhmawati, D., &

Lestari, F. W. (2020). Tingkat Regulasi Diri dalam Belajar Siswa SMK. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 92–109. https://doi.org/10.26877/empati.v7i2.6649

Rosyidi, H. (2015). Psikologi Kepribadian

(Paradigma traits, Kognitif, Behavioristik dan Humanistik). In Jaudar Press: Vol. (Issue 9).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Wibowo, D. S., & Nurwindasari, R. (2019).

Hubungan Intensitas Penggunaan Instagram Terhadap Regulasi Diri Dan Fear Of Missing Out. Psikologi Sosial Di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang & Tantangan, 323–327. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/Danan-Satriyo.pdf

Zimmerman, B. J. (1989). A Social

Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.402-407

Article Metrics

Sari view : 658 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.