GAMBARAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 6 SEMARANG

Shafa Hasna Prastyaningrum, Heri Saptadi Ismanto, Ardiatma Rio Respati

Sari


Prokrastinasi adalah suatu prilaku yang tidak baik atau prilaku yang negatif di antaranya; lalai dalam menyelesaikan tugas, dan kurangnya ketepatan waktu pada saat masuk jam sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prokrastinasi akademik peserta didik kelas X SMA N 6 Semarang. Populasi pada penelitian ini sebesar 432 dengan sampel sebanyak 208 peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan sampel menggunal simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif deskriptif yang akan menghasilkan deskripsi lengkap dari hasil penelitia ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prokrastinasi akademk peserta didik kelas X SMA N 6 Semarang berada pada kategori Tinggi dengan skor 53,84%. Dengan demikian diharapkan adanya penanganan terhadap masalah tersebut sehingga siswa dapat menyelesaikan masalahnya. Salah satu cara penanganan masalah tersebut adalah dengan memberikan layanan konseling.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullaah, T., Mansyur, Munifah. 2016. Upaya mereduksi perilaku prokrastinasi akademik melalui konseling kelompok dengan teknik selfmanagement (Studi kasus di kelas XI SMA negeri 2 Palu). Jurnal Konseling dan Psikoedukasi. 1(2). (1-14)

Aviani, Y. I., & Primanita, R. Y. (2020). Conflict Resolution Dan Subjective Well Being Pasangan Suami Istri Masa Awal Pernikahan di Kurai Limo Jorong Bukittinggi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 193. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266

Nurjan, S. (2020). Analisis Teoritik Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 61. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.2586

Nuzulia, A. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8(2), 5–24.

Permana, B. (2019). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Darul Falah Cililin. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(3), 87. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498

Puswanti, P. (2014). Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioristik Pada Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 11-19.

Ramadhani, E., Putri, R. D., & Istiqoma, V. A. (2018). Effectiveness Of Information Services To Reduce Student Academic Procrastination In Working Thesis (Experiment Study On Student Of Guidance And Counselinguniversitas Pgri Palembang). Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Ramadhani, E. (2019). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Palembang dalam Mengerjakan Skripsi. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 13-19.

Ramadhani, E., Sadiyah, H., Darma Putri, R., & Andana Pohan, R. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.6448

Smp, S., Sma, D. A. N., Nyoman, L., Saraswati, A., Nariswari, A. A., Aisha, D., Arghita, V. A., Shalsabilla, T., & Patty, W. (2021). AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA PENDAHULUAN Siswa merupakan pendidikan , diproses atau komponen yang dalam peserta dalam didik sistem akan yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional ( Oemar Hamalik dalam Tim Dosen Administrasi Pe. 18(1), 922–933.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.408-413

Article Metrics

Sari view : 328 times
PDF - 394 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.