PERSEPSI SISWA TERHADAP FULL DAY SCHOOL DENGAN STRES AKADEMIK

Rizka Amanda Puspita, Siti Fitriana, Chr. Argo Widiharto

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena persepsi siswa terhadap full day school yang memicu stress akademik yang dialami oleh siswa disekolah, khususnya di PhatnaWitya School, Yala. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan data empiris mengenai hubungan dari persepsi siswa terhadap full day school dengan stress akademik. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 PhatnaWitya School, Yala. Sampel yang digunakan yakni sampel jenuh. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner dengan menggunakan skala likert dan skala guttman. Adapun hasil penelitian uji hipotesis mendapatkan nilai 0,502 yang mana hasil r hitung > 0,05, sehingga Ha diterima.


Kata Kunci


Persepsi; Full day school; Stres akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminuriyah, Siti, Suyitno, Murfiah Dewi Wulandari, and Darsinah. 2022. “UPAYA GURU MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA FULL DAY SCHOOL DI SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA.” JH (Jurnal Humaniora) 9(3):167–73. doi: 10.31316/gcouns.v8i3.5853.

Aryani Safithry, Esty, and Indah Sari Dewi. 2020. “Terapi Menulis Ekspresif Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Peserta Didik Di Sekolah Full Day School.” Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 5(2):40–47. doi: 10.33084/suluh.v5i1.1313.

Assalihe, M., and A. M. Kaba. 2023. “21st Century Islamic Education In Southern Thailand And Pondok: System, Conditions and Challenges.” Journal of Namibian Studies: History … 35:1–5.

Barseli, Mufadhal, Ifdil Ifdil, and Nikmarijal Nikmarijal. 2017. “Konsep Stres Akademik Siswa.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 5(3):143–48. doi: 10.29210/119800.

Fatchurahman, M. 2021. “The Correlation of Full-Day School on Student Academic Stress.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 9(3):252. doi: 10.29210/154900.

Islaha, Zavira Silmi, Zpetznaz Prudentia, Zuhrotun Anisah, and Denny Oktaviana Radianto. 2024. “Pengaruh Beban Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Sains Student Research 2(2):185–92.

Lubis, Hairani, Ayunda Ramadhani, and Miranti Rasyid. 2021. “Stres Akademik Mahasiswa Dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 10(1):31. doi: 10.30872/psikostudia.v10i1.5454.

Mahmudah, Hesti, and Diana Rusmawati. 2018. “Hubungan Antara Kelekatan Anak-Orang Tua Dengan Stres Akademik Pada Siswa SD N Srondol Wetan 02 Semarang Dengan Sistem Pembelajaran Full Day School.” Empati 7(4):33–42.

Masruroh, F., L. Masluchah, and H. Triwahyuni. 2022. “EFEKTIVITAS BERMAIN MEWARNAI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MURID FULL DAY SCHOOL.” 03(03):299.

Nurmalasari, Y., Yustiana, Y. R., & Ilfiandra, I. (2016). Efektivitas restrukturisasi kognitif dalam menangani stres akademik siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Palupi, Tri Nathalia. 2020. “Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 9(2):18–29.

Palupy, Niken, and Ida Nur Imamah. 2023. “Tingkat Stress Pada Siswa Dalam Mengikuti Full Day School.” Journal Keperawatan 2(2):160–67.

PP, Harsha. 2017. “Family Environment and Academic Stress as Predictors of Depression in Adolescents.”

Sinha, Uday K., Vibha Sharma, and Mahendra K. Nepal. 2001. “Development of a Scale for Assessing Academic Stress: A Preliminary Report.” Journal of Institute of Medicine Nepal 23(1 & 2):105–12. doi: 10.59779/jiomnepal.165.

Soeli, Yuniar Mansye, Muhammad Nur Syukriani Yusuf, and Danny Des Kartyko Lakoro. 2021. “Tingkat Stres Siswa Pada Sekolah Yang Menerapkan Sistem Full Day School.” Jambura Nursing Journal 3(1):1–11. doi: 10.37311/jnj.v3i1.9822.

Sudiyanto, Henry, and Devinta Ristriyanti. 2021. “Perbedaan Tingkat Stres Pada Siswa Full D Ay School Sdn Kauman 1 Kota Mojokerto Dan Half Day School Sdn Tangunan Kabupaten Mojokerto.” 13(2):1–13.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi: Dilengkapi Metode R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyaningsih, W. (2008). Full day school dan optimalisasi perkembangan anak. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.

Wahyuningtyas, Kikin Astri. 2019. “GAMBARAN TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA FULL DAY SCHOOL PADA KELAS VIII DI SMP WAHID HASYIM DINOYO.” 5–10.

Yunardi. 2014. “Sistem Pendidikan Di Thailand.” Kantor Atase Pendidikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok 1–45.

Yusuf, Nur Mawakhira, and Jannatul Ma’wa Yusuf. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik.” Psyche 165 Journal 13(02):235–39. doi: 10.35134/jpsy165.v13i2.84.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.503-511

Article Metrics

Sari view : 144 times
PDF - 431 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.