HUBUNGAN PERSEPSI PERAN GENDER DENGAN PILIHAN KARIER PADA SISWA SMA

Abdul Hadi, Rifaldi Rifaldi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi gender dengan pilihan karier siswa di SMAN 3 Klaten. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Sunyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 3 Klaten dengan populasi 158. Sedangkan, ukuran sampel berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yang bersifat stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala persepsi gender dan skala pilihan karier. Validitas instrumen peneliti menggunakan rumus korelasi product moment sehingga hasil r hitung dikomparasikan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5%. Reliabilitas skala diukur dengan alpha cronbach. Persepsi gender memiliki nilai 0,606 dan pilihan karier memiliki nilai 0,606. Keduanya memiliki nilai reliabilitas dengan nilai hubungan yang tinggi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya hubungan yang positif dan signifikan yang dibuktikan dengan r hitung > r tabel (0,727 > 0,349) dan nilai signifikan 0,000 yang dapat disimpulkan kurang dari 0,05( 0,000<0,05). (2) Hubungan antara persepsi gender dan pilihan karier memiliki derajat hubungan korelasi yang kuat dengan nilai pearson korelasi 0,727.

Kata Kunci


peran gender, pilihan karier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cynthia Vanessa Djodjobo, Rut Gloria Anugrah, & Langga Lagandhy. (2022). Pengaruh Penerapan Prinsip Non-diskriminasi Gender terhadap Pengembangan Karir dan Kepuasan Kerja di Perusahaan Penyedia Layanan Jalan Tol (Studi Kasus pada PT. Jasa Marga (Persero). Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(1). https://doi.org/10.59024/jumek.v1i1.28

Domínguez, D. G., Cheng, H. L., & De La Rue, L. (2022). Career Barriers and Coping Efficacy with International Students in Counseling Psychology Programs. Counseling Psychologist, 50(6). https://doi.org/10.1177/00110000221097358

Maltsev, A., Kasyanova, T., & Zubova, L. (2018). Gender Approach in Professional Orientation of School Students. KnE Life Sciences. https://doi.org/10.18502/kls.v4i8.3316

Mardiah, A., & Zulhaida, Z. (2018). PENERAPAN KESETARAAN GENDER DALAM PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN (Studi Perbandingan Antara Bank Syariah dan Konvensional di Pekanbaru). Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 17(1). https://doi.org/10.24014/marwah.v17i1.5692

Oorthuys, A. O. J., Ross, M., Kreukels, B. P. C., Mullender, M. G., & van de Grift, T. C. (2023). Identifying Coping Strategies Used by Transgender Individuals in Response to Stressors during and after Gender-Affirming Treatments—An Explorative Study. Healthcare (Switzerland), 11(1). https://doi.org/10.3390/healthcare11010089

Purnama, A. A. (2019). Self-Instruction Training untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Sekolah Menengah Atas. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(1). https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4755

Saputra, A. J. (2019). Pengaruh Minat, Motivasi, Pelatihan Profesional, Gender, Lingkungan Pekerjaan Terhadap Pilihan Karir Akuntan. JAD : Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 1(2). https://doi.org/10.26533/jad.v1i2.240

Saripudin, M., Sunarya, Y., & Afiati, E. (2022). INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING The Urgency of Developing Youth Career Resilience Through Guidance and Counseling as an Effort to Prepare for the Golden Generation 2045. Indonesian Journal of Educational Counseling, 6(12). https://doi.org/10.30653/001.202261.178

Sudibyo, H., & Arif Budiman, M. S. (2021). NEED ASESSMENT PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF BERBANTUAN GOOGLE FORM. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 6(2).

Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Sulistyowati, Y. (2021). KESETARAAN GENDER DALAM LINGKUP PENDIDIKAN DAN TATA SOSIAL. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2). https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317

Wiranti, M., & Azinar, M. (2021). Peran Gender Dan Sikap Seksualitas Dengan Pengambilan Keputusan Perkawinan Pada Wanita Usia 15-24 Tahun. Jurnal Sosial Sains, 1(12). https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.270

Zola, N., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Konsep social cognitive career theory. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1). https://doi.org/10.29210/30031454000




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.451-457

Article Metrics

Sari view : 549 times
PDF - 499 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.