HUBUNGAN PENGENDALIAN DIRI (SELF CONTROL) DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI

Anas Munandar Matondang, Asmaryadi Asmaryadi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengendalian diri (self control), tingkat prokrastinasi akademik siswa, dan hubungan antara pengendalian diri (self control) dengan prokrastinasi akademik siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Sayurmatinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif koreasional. Ukuran sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga diperoleh total sampel 32 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengukur tingkat pengendalian diri dan prokrastinasi akademik siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui uiji validitas, uji reliablitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan teknik kolerasi “r” product moment menggunakan bantuan program SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pengendalian diri (self control)  siswa dapat dikategorikan "Cukup" dengan rata-rata keseluruhan mencapai 61,78 (60,88%), (2) Tingkat prokrastinasi akademik secara keseluruhan dapat dikategorikan "Baik," dengan rata-rata 28.10 (70.25%), (3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara pengendalian diri dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sayurmatinggi (p > 0,05).

Kata Kunci


Pengendalian Diri, Prokrastinasi Akademik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustino, Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Yogyakarta: CALPULIS.

Cahplin, JP. 2002. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Deliati. 2018. Asuhan Kebidanan Kehamilan Trimester III Pda Ny. F. Secondary Gravida di Klinik Pratama Anugrah Binjai Utara. http://repo. Poltekkes medan.ac.id/xmlui/biltstream/handle/123456789/1006/SKRIPSI%20DELI. ATI. Pdf? Sequence = 1 &isAllowed=Y. Diakses pada tanggal 27 Januari 2021.

Ghufron, Nur, M, Risnawati, Rini. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogyakarta: ArRuzz Media.

Hayes, A. F. 2013. Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional Process Analysis: A Regression-Based Approach. New York: Guilford Press.

Klingsieck, K. B. 2013. Procrastination: When good things don't come to those who wait. European Psychologist, 18(1), 24-34.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. 2019. Kontrol Diri: Defenisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, & Research, Vol 3 (2), 65-69.

Muller, D., Judd, C. M., & Yzerbyt, V. Y. 2005. When Moderation is Mediated and Mediation is Moderated. Journal of Personality and Social Psychology, 89(6), 852-863

Nafeesa. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswayang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 53-67.

Rozental, A., & Carlbring, P. 2014. Understanding and Treating Procrastination: A Review of a Common Self-Regulatory Failure. Psychology, 5(13), 1488-1502.

Safa’ati, E., Halim, M. I.,& Iliyati, Z. 2017. Peran Regulasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 2(1), 75-78.

Silalahi, Ulber. 2010. Metode penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sirois, F. M. 2019. Procrastination and Stress: Exploring the Role of Self-Compassion. Self and Identity, 18(2), 127-144.

Steel, P., & Klingsieck, K. B. 2016. Academic Procrastination: Psychological Antecedents Revisited. Australian Psychologist, 51(1), 36-46.

Steel, P., Brothen, T., & Wambach, C. 2001. Procrastination and Personality, Performance, and Mood. Personality and Individual Differences, 30(1), 95-106.

Sudjarwo. 2015. Proses Sosial dan Interaksi Sosial dalam Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.

Sundayana, Rostina. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.365-372

Article Metrics

Sari view : 487 times
PDF - 660 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.