KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK KELAINAN MENTAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Husniati Husniati, Nurus Sa'adah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam membantu anak meningkatkan prestasi belajar bagi anak kelainan mental. Anak kelaina mental bagiandari anak berkebutuhan khusus. anak dengan berkebutuhan khusus adalah anak atau seorang anak yang memiliki kelainan dala bidang intelektual, fisik, sosial, emosional demikian jelasnya dari pada perkembanagn serta pertumbuhan yang di anggap tidak normal, oleh sebab itu, tidak bisa diterima dari sekolah-sekolah biasa. Sehingga untuk melihat tugas perkembangan atau pertumbuhannya sangat memerlukan bantuan atau layanan secara khusus, terutama dalam kebutuhan program kebutuhan atau bimbingannya terutama dalam proses pembelajrannya. Metode penelitian ini mengguakan metode kualitatif dengan kajian studi literature, dengam mencari refrensi refrensi dari beberapa buku, dokumen, artikel ilmiyah, dan refrensi jurnal serta teori yang releven dengan kasus permasalahn yang ditemukan. Kesimpulan dari studi literature ini menujukan bahwa dalam bentuk kerjasama anatar guru dan orang tua yakni komunikasi antara guru dan orang tua, keterlibatan orang tua dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat.

Kata Kunci


Kolaborasi Guru Dan Orang Tua, Kelainan Mental, Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nana Sudjana (2010). Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Effendi (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi. (1981). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

WS. Winkel. (1996). .Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi. Jakarta: Gramedia.

Ngalim Purwanto. (1991). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suriansyah. (2014). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Msyarakat: Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pres.

Muhibbin Syah. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendeatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djalal, M.F. (2009). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang

E. Kosasih. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Yrama Widya.

Silvya Untario, Deteksi Dini Kesulitan Belajar. www.kesulitanbelajar.org. 4 Februari 2006

Creswell, J, W. Qualitative Inquiry And Reseach Desigen. Sage Publications Inc: California.

Abdurahman Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, Rizki, Syahlan Mattiro, dan Sigit Ruswinarsih. 2021. “Interaksi Sosial Guru Pengajar dan Murid Berkebutuhan Khusus dalam Peningkatan Prestasi Belajar di Kelas VIII F SMPN 14 Banjarmasin.” JTAMPS : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Sosiologi 1 (2). JTAMPS : Jurnal https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jtamps/index.

Barsihanor. 2015. “Kerjasama antara Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter.” Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 1 (1). https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna.

Bastian, Adolf. 2017. “Kerjasama antara Sekolah dan Orangtua Siswa di TK At-Tiin Pekanbaru.” Lectura : Jurnal Pendidikan 8 (2). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.652.

Diana, Ilfi Nur, dan Heryanto Susilo. 2020. “Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelompok Bermain Mambaul Ulum.” J+Plus Unesa Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah 9 (2).

Kasirah, Irah. 2011. “Kompetensi Pedagogis Guru Plb Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus.” Perspektif Ilmu Pendidikan 24 (XV): 163–73. https://doi.org/10.21009/PIP.242.6.

Marta, Rusdial. 2017. “Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 32. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.29.

Natsir, Nanat Fatah, Ade Aisyah, Hasbiyallah Hasbiyallah, dan Mahlil Nurul Ihsan. 2018. “Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru Dan Orang Tua.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8 (2): 311. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3315.

Nazarudin, Mgs. 2018. “Pola Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang.” Intizar 24 (2): 9–16. https://doi.org/10.19109/intizar.v24i2.3259.

Norlena, Ida. 2015. “Kerjasama Orang Tua Dan Sekolah Dalam Pembinaan Anak.” Tarbiyah Islamiyah 5 (1).

Risdoyok, Risdoyok, dan Wedra Aprison. 2021. “Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (5): 2319–35. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.819.

Rohyana, A Majid Aang. 2019. “Hubungan Kualitas Kerja Sama Sekolah Dan Orang Tua Dengan Intensitas Usaha Belajar Siswa Di Smp Negeri Kota Tasikmalaya.” Jurnal Metadukasi 1 (1).

Sabaniah, Siti, Dadan F Ramdhan, dan Siti Khozanatu Rohmah. 2021. “Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2 (1):43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.437-450

Article Metrics

Sari view : 101 times
PDF - 598 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.