EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA SMAN 4 SIDOARJO

Aura Kurmalasari, Dimas Ardika Miftah Farid

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-efficacy siswa SMAN 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan berjumlah 8 siswa yang memiliki self-efficacy terendah dari hasil pre-test yang sudah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan hasil yang didapatkan ditinjau dari prolehan hasil pre-test serta post-test. Hasil akhir nilai post-test menunjukkan bahwa 8 siswa dengan nilai terendah mengalami peningkatan, 4 siswa berada di kategori sedang sedangkan 4 siswa lainnya tetap di kategori rendah namun mengalami perubahan nilai. Hasil dari uji wilcoxon menunjukkan bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,012 karena kurang dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Hₐ diterima, hal tersebut dapat dilihat dengan membandingkan nilai signifikan 0,05. Pemberian treatment menggunakan teknik role playing dalam bimbingan kelompok menunjukkan adanya hasil dari penelitian ini bahwa terdapat perubahan yang terjadi sehingga bisa disimpulkan bahwa teknik role playing dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa SMAN 4 Sidoarjo.

Kata Kunci


role playing, bimbingan kelompok, self-efficacy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryanti, Y. D., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243-260.

Farid, D. A. M. (2021). Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling UNIPA Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(1) https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3238

Hapsyah, D. R. (2019). Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengurangi prasangka peserta didik sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, Vol.6(2), 162-175.

Kartilah, K. (2018). Upaya Meningkatkan Self Concept Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Tehnik Homeroom Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA NEGERI 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.5(1) 33-46.

Nur’aini, Atika. (2018). Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas XI. Kota Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. Vol.3(2) 46-70.

Mahfud., & Surur, (2021) Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol.8(01).444-452.

Pane, Aprida & Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, Vol.3 (2), 333-352.

Rahman, A. (2019). Pengaruh teknik role playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di SMK NEGERI 1 barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 55-65.

Sukmawati, & Wahyudi. (2019) "Dinamika Penyelenggaraan pendidikan di SMAN 4 Sidoarjo. Jurnal Paradigma Vol.7(1). 26-38.

Thohirin. (2017) Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yoannita, B. (2016). Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar fisika melalui penggunaan model problem based learning. Jurnal Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta. Vol.2(3) 93-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.227-236

Article Metrics

Sari view : 1126 times
PDF - 621 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.