PENGARUH LAYANAN KONTEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Nani Baroroh Nasution, Robby Ade Syahputra Pasaribu

Sari


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konten teknik brainstorming untuk meningkatkan berpikir keatif di SMP N 8 Tebing Tinggi, T.A 2022/ 2023. Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang siswa kelas VIII SMP N 8 Tebing Tinggi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pre eksperimen Dengan desain penelitian yaitu desain One-Group Pre-test Post-test Design. proses layanan penguasaan konten menggunakan teknik brainstorming, siswa mampu berpartisipasi aktif mengidentifikasi setiap permasalahan/ pertanyaan, dengan cara menyampaikan ide, mencetus dan mengembangkan ide ide gagasan yang dimilikinya kemudian mengevaluasi hasilnya, hal ini ditandai dengan klien yang saling menambahi pendapat dari setiap klien. Berdasarkan hasil penelitian tersebut berhasil dikarenakan sebelumnya nilai rata-rata berpikir kreatif siswa sebesar 83,16 dan setelah diberikan layanan meningkat drastis menjadi 106,75. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, diperoleh J hitung 38, dengan a 0,05 dan n 12 sehingga nilai J tabel 14. Dari tabel tersebut terlihat bahwa J hitung J tabel dimana 38 14. Data pre-test atau sebelum dilakukan layanan penguasaan dengan teknik brainstorming didapatkan nilai rata-rata sebesar 83,16 sementara data post-test atau setelah dilakukan layanan penguasaan konten teknik brainstorming nilai rata-rata sebesar 106,75. Selisih dari nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 23,58. Dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten teknik brainstorming efektif dalam meningkatkan berpikir kreatif siswaSMP Negeri 8 Tebing Tinggi.

Kata Kunci


Layanan Penguasaan Konten; Teknik Brainstorming; Meningkatkan Berpikir Kreatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.Kau Murhima. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar.Universitas Negeri Gorontalo

Adi, Widya.(2019) Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar

Alfiah, K. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Bumiayu Jawa Tengah. Tesis. Sekolah Pascasarjana UNNES: Semarang.

Alina Vulpe (2011) Positive emotions’ influence on attitude toward change, creative thinkingand their relationship with irrational thinking in romanian adolescents

Amalia, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif Menggunakan Model Creatif Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP. Tesis. Program Stud Magister Keguruan IPA PPs ULM.

Arikunto, Suharsimi. (2007) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Aylin Kaplan (2014) Assessment of Creative Thinking Studies In Terms of Content Analysis

Aziz Alfiyansyah,Muhammad Thoriq.(2021). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Dengan Metode Brainstorming Pada Siswa Kelas X Pemasaran Smk Kartini Jember. Universitas Islam Jember

Departemen Pendidikan Nasional,( 2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Gramedia, Jakarta.

Depdiknas,( 2002)Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, hlm. 8

Djudju Sudjana,(2007) Pendidikan Nonformal, Jurnal dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis, Imperial Bhakti Utama, Bandung, hlm. 30

Fahmi. (2016). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA

Hidayat Rahmat, Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep,Teori dan Aplikasinya.Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia

Lianasar Dewi. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Universitas Muhammadiyah Magelang

Lianasari, D., & Purwanto, E. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1–7.

Moch. Efendi AR, (2009). Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup di Pesantren”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Semarang.

Osborn, A.F. (1963). Applied Imagination : Principles and Procedures of Creative Problem Solving (Third Revised Edition). New York

Oznur G¨ oc¸men, Hamit Cos¸kun.(2019) The effects of the six thinking hats and speed on creativity in brainstorming. Thinking Skills and Creativity

Pedhu Yoseph. Raudana Aziah Nuha.(2021) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Program Studi Bimbingan dan Konseling : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Prabowo. Alfian Dewan Adhayuda, (2019). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Mts Negeri 3 Klaten. Universitas Muhammadiyah Diponegoro.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komarudin. (2011). Psikologi olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno,Afdal,Ifdil,Ardi Zadrian.(2017) Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Bogor : Ghalia Indonesia

Rini Fitriani Permatasari. Risnawanti.(2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. IAIN Samarinda

Syafriana Henni, Abdillah.(2019) Bimbingan Konseling Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia

Tri Wahyuni,(2019) Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Busana Melalui Media Mind Mapping. Smkn 2 Boyolangu.

WHO Programme on Mental Health, Life Skills Education in Schools, WHO, Division of Mental Health and Prevention of Substance Abuse, Geneva, 1997, hlm. 1

Widowati Asri. Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berfikir Kreatif Dalam Pembelajaran Sains Biologi.

Hurmuzan Shuhaila, Al-Samarraie Hosam. (2017) A Review of Brainstorming Techniques in Higher Education. Thinking Skills and Creativity