PENGARUH LAYANAN KONTEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A.Kau Murhima. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar.Universitas Negeri Gorontalo
Adi, Widya.(2019) Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar
Alfiah, K. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Bumiayu Jawa Tengah. Tesis. Sekolah Pascasarjana UNNES: Semarang.
Alina Vulpe (2011) Positive emotions’ influence on attitude toward change, creative thinkingand their relationship with irrational thinking in romanian adolescents
Amalia, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif Menggunakan Model Creatif Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP. Tesis. Program Stud Magister Keguruan IPA PPs ULM.
Arikunto, Suharsimi. (2007) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.
Aylin Kaplan (2014) Assessment of Creative Thinking Studies In Terms of Content Analysis
Aziz Alfiyansyah,Muhammad Thoriq.(2021). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Dengan Metode Brainstorming Pada Siswa Kelas X Pemasaran Smk Kartini Jember. Universitas Islam Jember
Departemen Pendidikan Nasional,( 2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Gramedia, Jakarta.
Depdiknas,( 2002)Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, hlm. 8
Djudju Sudjana,(2007) Pendidikan Nonformal, Jurnal dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis, Imperial Bhakti Utama, Bandung, hlm. 30
Fahmi. (2016). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA
Hidayat Rahmat, Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep,Teori dan Aplikasinya.Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia
Lianasar Dewi. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Universitas Muhammadiyah Magelang
Lianasari, D., & Purwanto, E. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1–7.
Moch. Efendi AR, (2009). Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup di Pesantren”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Semarang.
Osborn, A.F. (1963). Applied Imagination : Principles and Procedures of Creative Problem Solving (Third Revised Edition). New York
Oznur G¨ oc¸men, Hamit Cos¸kun.(2019) The effects of the six thinking hats and speed on creativity in brainstorming. Thinking Skills and Creativity
Pedhu Yoseph. Raudana Aziah Nuha.(2021) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Program Studi Bimbingan dan Konseling : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Prabowo. Alfian Dewan Adhayuda, (2019). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Mts Negeri 3 Klaten. Universitas Muhammadiyah Diponegoro.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komarudin. (2011). Psikologi olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prayitno,Afdal,Ifdil,Ardi Zadrian.(2017) Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Bogor : Ghalia Indonesia
Rini Fitriani Permatasari. Risnawanti.(2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. IAIN Samarinda
Syafriana Henni, Abdillah.(2019) Bimbingan Konseling Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia
Tri Wahyuni,(2019) Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Busana Melalui Media Mind Mapping. Smkn 2 Boyolangu.
WHO Programme on Mental Health, Life Skills Education in Schools, WHO, Division of Mental Health and Prevention of Substance Abuse, Geneva, 1997, hlm. 1
Widowati Asri. Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berfikir Kreatif Dalam Pembelajaran Sains Biologi.
Hurmuzan Shuhaila, Al-Samarraie Hosam. (2017) A Review of Brainstorming Techniques in Higher Education. Thinking Skills and Creativity
Suciati. (2017) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Segi Gender.Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.84-91
Article Metrics
Sari view : 550 timesPDF - 345 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.