BIMBINGAN KARIR BERBASIS TEACHING FACTORY DI SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG
Sari
Penelitian ini akan berfokus pada peran yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam menunjang kesiapan karir peserta didik yang dipadukan dengan kebijakan pendidikan berbasis Teaching Factory di SMK Muhammadiyah 2 Andong. Peserta didik yang menempuh pendidikan di tingkat SMK pada dasarnya belum miliki kesiapan karir yang baik. Sementara pendidikan di sekolah kejuruan di arahkan pada pengembangan dunia pekerjan baik usaha maupun industri yang sesuai standar dan prosedur di dunia industri. Penelitian ini mengunakan metode penelitian lapangan (File Reseach). Sifat penelitian yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa layanan bimbingan karir berbasis Teaching Factory di antaranya: layanan pengembangan kematangan karir, layanan pengembangan analisis peluang karir dan layanan pengembangan kemampuan membuat keputusan karir.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adityawarman, Lukas Pangestu. 2021. “Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa.” Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling 2(2):165. doi: 10.32585/advice.v2i2.786.
Almasdi Syahza. 2021. Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Vol. 2. Bloom, Nicholas, dan John Van Reenen. 2013. bimbingan karir.
Diwangkoro, E., dan S. Soenarto. 2020. “Development of teaching factory learning models in vocational schools.” Journal of Physics: Conference Series 1456(1). doi: 10.1088/1742-6596/1456/1/012046.
Eni fariyatul fahyani. 2013. buku ajar layanan bimbingan dan konseling. umsida pres.
Fauzan, Moh. 2016. “Panduan Operasional Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).”
Guanabara, Editora, Koogan Ltda, Editora Guanabara, dan Koogan Ltda. 2020. “metodologi penelitian kualitatif.”
Herlina. 2013. “PERKEMBANGAN MASA REMAJA (Usia 11/12 – 18 tahun).” Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja 1–5. doi: https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2013.08.014.
Juwitaningrum, Ita. 2013. “Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK.” PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling 2(2):132. doi: 10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580.
Nadira, Dina, Amelia Siahaan, dan Nia Febridayanti. 2020. “Urgensi Program Bimbingan Karir.” Ittihad 4(2):20–25.
Nulhakim, Lukman, dan Malik Ibnukhalilulloh. 2018. “Konsep Bimbingan Karir Kolaboratif Melalui Penguatan Efikasi Diri.” Al-Tazkiah 7(2):124–41. doi: 10.20414/altazkiah.v7i2.657.
Sudiyono, Caturdyah Fajarini, Purwanto, dan Novrian Satria Perdana. 2019. Teaching Factory Upaya Peningkatan Mutu Lulusan dan Strategi Pendanaan di SMK.
Supriatna, M. & Budiman, N. 2019. “Bimbingan karier di smk.” File.Upi.Edu 1(2):1–72.
Wahyuni, Yusri, dan Mega Iswari. 2022. “Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas vii smpn 3 pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):8043–50.
Wijianto, Wijianto, dan Ika Farida Ulfa. 2016. “Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Bekerja bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) di Kabupaten Ponorogo.” Al Tijarah 2(2):190. doi: 10.21111/tijarah.v2i2.742.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.140-145
Article Metrics
Sari view : 697 timesPDF - 472 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.