PENGARUH LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN SISWA KELAS X SMA 2 PADANGSIDIMPUAN
Sari
Layanan penempatan dan penyaluran berbasis multiple intelligences diberikan kepada peserta didik yang tujuannya adalah untuk memberi mereka tempat yang sesuai di mana mereka dapat sepenuhnya mengembangkan keterampilan dan minat mereka. Khusus untuk siswa SMA, layanan ini sangat penting jika dilakukan dengan metode yang baik yang membimbing siswa ke jurusan yang tepat, dan ini sangat mempengaruhi pilihan karir di masa depan.Jenis penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian Deskriptif dapat dilakukan secara kuantitatif agar dapat dilakukan analisis statistik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah data siswa kelas X di SMA N 2 Padangsidimpuan, karena yang pertama diberikannya layanan penempatan dan penyaluran pada penempatan jurusan yang berpengaruh pada pemilihan jurusan siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan penempatan dan penyaluran berbasis multiple intellegence terhadap pemilihan jurusan. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan uji kolerasi dimana r hitung 0,421 > r tabel 0,297, dengan degree of freedom (df) = n-2 (44-2) maka df = 42 maka taraf signifikan 5% (α 0,05). nilai atau angka indeks kolerasi rxy yang diperoleh adalah 0,421 terletak antara 0,40- 0,599. Maka diperoleh hasil atau intresprestasi bahwa layanan penempatan dan penyaluran berbasis multiple intellegence memiliki kolerasi yang sedang/ cukup terhadap pemilihan jurusan siswa di SMA 2 Padangsidimpuan. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho tolak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Rahman Shaleh & Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Persfektif Islam. Jakarta: Penerbit Kencana
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT bumi aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan paraktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
As’adi Muhammad. 2010. Deteksi Bakat & Minat Aanak Sejak Dini. Yogyakarta: Garailmu
Asri Awaliyah. 2021. Bimbingan Konseling. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Azwar, Syaifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dr. H. Amka, M. Si, dkk. 2021. Identifikasi Anak Berbakat/Gifted di Sekolah Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Gardner, Howard. 2003. Multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk). Batam: Interaksara.
Hamid, Darmadi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hartono, Sunarto. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Hurlock, Elizabeth B. 2016. Child Development. Japan: Mc. Graw Hill.
Iman, khothibul. 2015. Pengembangan Bakat dan Minat. Insania, 2.
Iskandar, Harun. 2010. Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. St Book.
Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Larson, Donna. 2001. Multiple Intelligences: A Perspective in Learning and Applicability
Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, A. 2003. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyati. 2004. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Andi Publisher
Munandar, Utami. 2010, Anak-Anak Berbakat Pembinaan dan Pendidikannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Prayitno. 2004. Seri Layanan Konseling L1-L9. Padang: FKIP.
Purwoko. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling.
Santrock John, W. 2008. Psikologi Pendidikan (terjemahan). edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Group
Schunk, Dale H, Paul R. Pintrich, Judith L. Meece. 2007. Motivation in Education, Theory, Research, and Applications. Ohio, New Jersey
Sefrina, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhertina. 2014. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Pekanbaru: Mutiara Pesisir Utama.
Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Program Bimbingan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. cetakan ke-4 Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sunardi. 2008. Konseling karir anak berbakat. PLB FIP UPI.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Ed, rev, Cet. 3, Jakarta: PT
Rineka Cipta, 2011, hlm 166- 167
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Winkel. 2014. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Yudrik Jahja. 2001. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.37-42
Article Metrics
Sari view : 643 timesPDF - 260 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.