POLA BIMBINGAN SOSIAL CASE WORK BAGI ANAK TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN (Studi Kasus Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jambi)

Julpan Lesmana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari Bimbingan sosial individu dan manfaat dari penerapan bimbingan sosial Individu serta apa saja hambatan – hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan Bimbingan sosial Individu di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jambi.Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif melalui pendekatan deskriptif.Subyek Penelitian adalah Anak didik Pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jambi dengan menggunakan lima orang informan anak pidana Kasus Pemerkosaan.Penggalian data dilakukan menggunakan teknik wawancara,observasi dan Studi Kepustakaan.Analisis data dilakukan dengan mereduksi data,mendisplay data dan menarik kesimpulan.Hasil dari penelitian adalah Penerapan Bimbingan Sosial individu yang dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jambi adalah perwalian dan konsultasi dengan pekerja sosial dan Psikolog Lapas.Manfaat dari penerapan Bimbingan Sosial Individu adalah menumbuhkan rasa percaya diri dan harga diri anak didik Pemasyarakatan kasus pemerkosaan,mengurangi rasa cemas yang berkelanjutan,mengurangi angka pelarian dan gangguan keamanan dan ketertiban serta menurunkan angka residivis.Namun ternyata dalam proses pelaksanaan bimbingan sosial individu masih ada hambatan-hambatan yang menyertai yaitu jumlah wali yang masih kurang,kurangnya pengetahuan dan kesadaran dari Anak Didik Pemasyarakatan terkait pentingnya bimbingan sosial individu,para anak didik pelaku masih sering menutup diri,kurangnya kemampuan profesional para wali/pekerja sosial serta belum adanya buku catatan proses perkembangan anak.


Kata Kunci


Bimbingan Sosial Perseorangan,Pemerkosaan,Konseling Individu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haryono, H. (2018). Optimalisasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Lapas Terbuka dalam Proses Asimilasi Narapidana. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2018.v12.295-311

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium.

Tampubolon, E. (2017). EFEKTIVITAS PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK Di LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) PEKANBARU Oleh : Visip.

Yustia Putri, W. (2017). PENGARUH REGULATOR, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Unpas Bandung. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.157-164

Article Metrics

Sari view : 2028 times
PDF - 805 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.