TINGKAT SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 SEMARANG

Siti Khoirunnisa, Dini Rakhmawati, Mustianah Mustianah

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat self regulated learning siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode skala dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 323 siswa kelas X dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan cara simple random sampling. Hasil penelitian tingkat self regulated learning siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang menunjukan rata-rata pada kategori sedang dengana presentase 62,3%, rendah 17,4%, dan tinggi pada presentase 20,2%.


Kata Kunci


Self Regulated Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apranadyanti, N. (2010). Hubungan antara regulasi diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMK Ibu Kartini Semarang. Skripsi, tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro.

Friskilia S, Octheria&WinataHendri (2018). RegulasiDiri(PengaturanDiri) sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Vol 1. No 2. (2018) 37-44.

Ghufron M. Nur, Rini Risnawati S. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar Ruz Media : Yogyakarta

Ghufron, M. Nur, and Rini Risnawita Suminta. (2014). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kristiyani, Titik. 2016. Self Regulated Learning (Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

MUNARGO, UGAS, & Fadhlina Rozzaqyah. (2021). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pembelajaran daring pada mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sriwijaya. Diss. Universitas Sriwijaya.

Noviyanti, N., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2019). Hubungan antara self regulated learning dan prokrastinasi akademik.ALIBKIN(Jurnal Bimbingan Konseling),7(3)

Nurjanah, A. A., Dahlan, S., & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan Regulasi Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1, 132–144.

Pintrich, P. R. dan De Groot, E. V. 1990. Motivational and Self Regulated Learning Component of Classroom Acdemic Performance, Journal of Educational Psychology, 82 (1), 33-40.

Rachmah, D. N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi, 42(1), 61.

Schunk, D. H & Ertmer, P. A. (2000). Handbook of self-regulation. Dalam Minique. B., Paul. R. P, & Moshe. Z. Self-regulation and academic learning, self-efficacy enhancing interventions. (h.632-646). London: Academic Press.

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170.

Wicaksana, B. 2014. Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Prodi BK UNY. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Woolfolk, A. (2004). Educational psychology. Ninth edition. Boston: Pearson Education.

Zimmerman, B. J. dan Martinez‐Pons. 1990.Learning: Relating Grade, S ex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use, Journal of Educational Psychology, 82 (1), 51‐59Luria, A. R. (1969). The mind of a mnemonist (L. Solotaroff, Trans.). New York: Avon Books. (Original work published 1965)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.118-125

Article Metrics

Sari view : 992 times
PDF - 624 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.