PERAN PASTOR DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN MENTAL MENUJU JENJANG PERNIKAHAN DI GEREJA HKBP DAME PADANGSIDIMPUAN

Risky Reynaldo Hutagalung

Sari


Penelitian dilakukan kerena memang begitu perlu melakukan konseling pranikah sebelum memasuki dunia pernikahan untuk menguatkan mental tiap tiap pasangan yang ingin menikah nantinya, dengan demikian perlunya melakukan kesiapan mental yang kuat untuk menghindari tingkat perceraian, penelantaran anak, kekerasan dalam rumah tangga, sehingga dengan melakukan konseling pranikah bersama dengan pastor sebelum memasuki dunia pernikahan sangat dibutuhkan dan perlu dilakukan. Dan penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran pastor yang sesungguhnya dan bagaiaman dinamaika kehidupan pasangan yang ingin menikah nantinya. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian kualitatif Deskriftif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, responden dan informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan tiangulasi yaitu: triangulasi peneliti, triangulasi teori, triangulasi metode, triangulasi data. Temuan penelitian ini menujukan bahwa Peran pastor dalam meningkatkan kesiapan mental menuju jenjang pernikahan di gereja HKBP Dame Padangsidimpuan: kerjasama antar pasangan yang ingin menikah, saling terbuka satu sama lain, dan orientasi keagamaan serta perluya melakukan konseling pranikah sebelum memasuki pernikahan.


Kata Kunci


Kesiapan Mental; Pernikahan; Pastor; Keluarga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pasaribu, Andar Gunawan. 2020. “Peran Pendeta Dalam Mengatasi Kecemasan Jemaat Gereja Kristen Protestenstan Indonesia Onan Runggu Kecamatan Sipahutar Tapanuli Utara Sumatera Utara.” Jurnal Christian Humaniora 4 (1): 63–71. https://doi.org/10.46965/jch.v4i1.1.

Morib, Anderias Mesak. 2020. “Pentingnya Pelayanan Konseling Pranikah.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 3 (1): 63–84. https://doi.org/10.53827/lz.v3i1.19.

Dr. Farida Nugrahani, M, Hum. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif,” 1–305. https://library.stiba.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/ZTAyMWVkYzVlNTY4NWMyYWI1NjZhNThmNjIyOTYzZDg3YWUxYjdjNA==.pdf.

Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.59-63

Article Metrics

Sari view : 77 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.