HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA MTS. 22 PADANGSIDIMPUAN

Fithri Febrianti, Erlina Harahap, Sukatno Sukatno

Sari


Penelitian ini dilakukan di Mts Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan dengan populasi penelitian berjumlah 104 orang siswa kelas IX dan sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa, Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif  korelasi, berdasarkan hasil uji korelasi penelitian ini diperoleh bahwa hipotesis Ha : ada hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif siswa yang menunjukkan keduanya memiliki hubungan yang positif. Hubungan antara dua variabel linear atau searah, jadi variabel X tinggi maka variabel Y juga tinggi. Hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisian korelasian uji korelasi pearson sebesar 0,001. Angka tersebut berarti bahwa dalam penelitian ini kematangan emosi siswa memberikan sebesar 40,3% terhadap perilaku agresif sedangkan sisanya sebesar 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian yang berhubungan dengan kematangan emosi terhadap perilaku agresif sudah banyak yang dilakukan dengan objek yang berbeda-beda, teknik sampling yang digunakan adalah teknik stratified random sampling dengan 269 orang remaja sebagai sampel menggunakan skala kematangan emosi yang telah di uji validasinya 22 item dengan koefesien realibilitasnya 0,877 dan skala agresivitas yang di uji validitasnya menjadi 37 item dengan koefisien realibilitasnya 0.940. Analisis data menggunakan korelasi product momen dengan toleransi kesalahan 5%. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,599(r = 0,599) dengan tarafbsignitifikan 0,000 (p = 0.000) maka Ha diterima yang artinya terdapat hubungan antara kematangan emosi dengan agresivitas pada remaja dengan hubungan negatif antara kedua variaebel tersebut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harun Arrasyd, Nor Mita Ika Saputri Hubungan Pembiasaan Sholat Dhuha dengan Kecerdasan Emosional Siswa di Kelas X di SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan

Muarifah, A. (2005). Hubungan kecemasan dan agresivitas. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 102-112.

Novita, N. P. (2012). Hubungan antara kekerasan emosional pada anak terhadapkecenderungan kenakalan remaja (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Nurtjahyo, A., & Matulessy, A. (2013). Hubungan kematangan emosi dan konformitas terhadap agresivitas verbal. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 223-231.

Prasetya, R. E. (2016). Pengaruh kematangan emosi terhadap pengungkapan diri pada pengurus OSIS SMKN 1 Sapuran. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(6).

Putri, A. F. (2019). Konsep perilaku agresif siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28-32.

Putri, F. A. (2010). Hubungan kematangan emosi dengan agresivitas remaja akhir laki-laki.

Rahmawati, A. W. S., & Uyun, Z. (2019). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Sosial (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Raviyoga, T. T., & Marheni, A. (2019). Hubungan kematangan emosi dan konformitas teman sebaya terhadap agresivitas remaja di SMAN 3 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 44-55.

Rif’atul Firdausi Arfah, R. A. F. A. Studi Kasus Perilaku Agresif, Penyesuaian Diri dan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sabintoe, D., & Soetjiningsih, C. (2020). Hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif pada siswa smk. Psikologi Konseling, 17(2), 707-715.

Safitri, N. (2012). Hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian sosial siswa berbakat akselarasi SMA Negeri 3 Tangerang Selatan.

Sukmantara, R. M. (2014). Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Dringu, Probolinggo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wijayanti, E. (2015). Perbedaan Perilaku Cybersex Ditinjau dari Jenis Kelamin Perbedaan Kematangan Emosi dan Kepuasan Pernikahan pada Pria dan Wanita Pasangan Nikah Usia Dini di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, Program Studi Psikologi FPSI-UKSW).

Widaningsih, S. (2011). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior terhadap Efektivitas Organisasi Berdasarkan Persepsi Karyawan (Studi di Politeknik Telkom Bandung).

Yulianto, A. D. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Mengurangi Perilaku Agresif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Konseling, 17(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.359-364

Article Metrics

Sari view : 898 times
PDF - 781 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.