PERAN GURU BK DALAM PENANGAN KASUS PERCERAIAN TERHADAP ANAK DI SEKOLAH SMP IT AL HIJRAH

M. Harwansyah Putra Sinaga, Annisa Syahfira, Ayu Anggraini, Adinda Salsameywa Putri

Sari


Dalam perceraian orang tua yang menjadi korban utama adalah anak-anak, banyak orang tua yang tidak menyadari apa resiko atau dampak yang akan di dapatkan anak dari perceraian orang tua tersebut. Perceraian tidak hanya berdampak pada mereka yang terlibat (pasangan) tetapi juga berdampak pada anak-anak terutama remaja, perceraian merupakan beban tersendiri bagi anak-anak SMP IT Al-Hijrah sehingga memiliki efek psikologis. Reaksi anak terhadap perceraian orang tuanya sangat dipengaruhi oleh perilaku orang tuanya sebelum, selama, dan setelah perceraian. Sampai saat ini, akibat dari perceraian orang tua ternyata dapat berdampak buruk bagi anak, baik secara fisik maupun emosional. Jadi, perceraian harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati, dan orang tua harus dapat membekali anaknya dengan pemahaman yang baik sehingga dapat mengurangi dan mengatasi dampak negatif terhadap anak ketika terjadi perceraian. Namun, tugas keluarga untuk memberikan pengertian dan perhatian kepada anak/remaja tidak berhasil dalam kasus perceraian. Untuk mengatasi penyalahgunaan dalam pekerjaan sosial ini, pekerja sosial harus mengupayakan yang terbaik untuk kepentingan anak. Pekerja sosial dapat melakukan proses pertolongan sesuai tingkatan pertolongan pekerjaan sosial, pekerja sosial memberikan konseling, dan pekerja sosial memberikan layanan konseling keluarga.

Kata Kunci


Broken home, Perceraian, Bimbingan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Juntika Nurihsan. 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Faqih, Aunur Rahim. 2001. Bimbingan dan Konseling Dalam Islam. Jakarta: UII Press.

Putri Erika Ramadhani, Hetty Krisnani. 2019. Analisis Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak Remaja.Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Jurnal Pekerjaan Sosial..Vol 2 No 1.

Sabilla Hasanah dkk, 2016.Broken Home Pada Remaja dan Peran Konselor. Jurnal Pendidikan Indonesia.. Vol 2 No 2

Uswatun Hasanah. 2019. Pengaruh Perceraian Orang Tua Bagi Psikologis Anak.IAIN Metro Lampung. Jurnal Agenda. Vol 2 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.146-150

Article Metrics

Sari view : 287 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.