PENGARUH TEKNIK MANAJEMEN DIRI TERHADAP SELF ESTEEM SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUNNA’IM RANGKASBITUNG

Ratu Nurhasanah, Wahidah Fitriani

Sari


Manajemen diri adalah teknik yang mengelola perilaku pribadi, yang bertujuan untuk membimbing dan mengelola diri sendiri untuk mencapai kehidupan yang mandiri dan produktif. Perilaku hidup yang tidak terarah dan tidak terkendali akan membawa banyak hambatan dalam terwujudnya tujuan. Ketika siswa tidak dapat mengevaluasi diri sendiri atau mengontrol kebiasaan hidup mereka dengan baik, mereka akan memiliki perilaku negatif dan menghambat perkembangan masa depan. Maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut yaitu, Bagaimana tingkat teknik manajemen diri siswa kelas X di Madrasah Aliyah Darunna’im Rangkasbitung?; Bagaimana tingkat self esteem siswa kelas X di Madrasah Aliyah Darunna’im Rangkasbitung?; Apakah manajemen diri dapat berpengaruh pada proses peningkatan self esteem siswa kelas X di Madrasah Aliyah Darunna’im Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi, merupakan analisis statistik yang ingin melihat hubungan dan pengaruh fungsional antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Sampel dalam penelitian ini yaitu 10% dari jumlah siswa Madrasah Aliyah Darunna’im Rangkasbitung dengan jumlah sampel 24 responden. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik random sampling dengan simple random sampling dari jumlah 237, karena subjek lebih dari 100 maka diambil 10%. Dari sesuai persamaan regresi sederhana didapat Ry1> rtabel (0,644 > 0,404) maka H0 ditolak dan dengan demikian H1 diterima artinya terdapat pengaruh Manajemen Diri (X) terhadap peningkatan self esteem siswa (Y) dengan memiliki kekuatan hubungan sedang dengan persentase (64%).


Kata Kunci


manajemen diri: self esteem

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, I., Muksin, U., & Chodijah, S. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk menumbuhkan Self Management dalam Belajar Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5.

Amalia, R. (2016). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Berbasis Nilai Budaya Minangkabau dalam Kesetaraan Gender untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Remaja Putri. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 9–16.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (p. 174). Rineka Cipta.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Gunarsa, D. S. (2016). Konseling dan Psikoterapi (pp. 225–226). Libri.

Imran, N. A. (2022). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai.

Indrawati, Y. (2014). Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Perawat RS Siloam Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 2(4).

Ja’far, S. (2015). Struktur Kepribadian Manusia Perspektif Psikologi Filsafat. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).

Komalasari, G. (2011). Teori dan Teknik Konseling (p. 180). Permata Puri Media.

Larasati, W., Mahmudi, I., & Kadafi, A. (2022). Penerapan konseling behavior teknik self management untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas 8 di SMPN 1 Gerih. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 98–105.

Magfiroh, L., & Pratiwi, T. I. (2020). Hubungan Self-Esteem dan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Berprestasi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP NEGERI 30 SURABAYA. Jurnal BK UNESA, 11(3), 303–311.

Nadi, R. A. (2020). Self Esteem Pada Masa Remaja (p. 2). Ongka Book.

Nirmalasari, L., & Masusan, K. (2014). Self esteem, gender dan prestasi kerja (study pada penyiar radio di kota bandung). Jurnal Study and Management Research, 11(2), 18–27.

Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16–22.

Sarwono,W. Sarlito & Meinsro, A. E. (2018). Psikologi Sosial Edisi 2 (p. 69). Salemba Humanika.

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan, (p. 239). PT Raja Grafindo Persada.

Suwanto, I. (2016). Konseling behavioral dengan teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1–5.

Winarta, E. (2012). Pengembangan Kepribadian. In Pengembangan Kepribadian (p. 27). Lentera Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.17-25

Article Metrics

Sari view : 370 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.