DAMPAK KONSELING KELOMPOK TEKNIK (COGNITIVE RESTRUCTURING)TERHADAP PENURUNAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS AL AMIEN SABRANG AMBULU TAHUN AJARAN 20222023

Firda Khoirun Nisak, Fakhruddin Mutakin, Arifin Nur Budiono

Sari


Pentingnya penelitian ini dilakukan karena dapat mengidentifikasi permasalahan peserta didik dan dapat mengurangi prokrastinasi akademik agar prestasi akademiknya tetap meningkat  peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimental dan desain yang digunakan One Group Pretest Posttest Designs tentang dampak konseling kelompok teknik (cognitive restructuring) terhadap penurunan prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII MTs Al amien  sabrang ambulu tahun ajaran 2022/2023 masalah penelitian disini harapan peserta didik lebih dari KKN dan faktanya nilai peserta didik di bawah KKN sehingga hal ini terjadi, ini terjadi  ternyata setelah peneliti lakukan   peerta didik sering melakukan prokrastinasi sehingga hasil belajarnya menjadi menurun. dengan responden sebanyak 5 peserta didik dari 38 peserta didik yang di ambil secara purposive sampling area. Metode pengumpulan data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diperoleh hasil prokrastinasi akademik. Hasil perhitungan rata-rata skor perilaku prokrastinasi akademik sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring adalah 98,4 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring mengalami penurunan menjadi 65,8. Dari hasil uji wilcoxon maka Z yang didapat sebesar -2,032 dengan p value (Asymp.sig 2 tailed) sebesar 0,042 dimana kurang dari batas kritis penilaian 0,05 sehingga keputusan hipotesis menerima Ha atau ada perbedaan yang bermakna antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian demikian diperoleh kesimpulan :Pertama : Adanya dampak prokrastinasi akademik menggunakan teknik cognitive restructuring peserta didik kelas VIII Al amien sabrang ambulu tahun ajaran 2022/2023. Kedua konseling kelompok teknik cognitive restructuring dapat menurunkan prokrastinasi akademik peserta didik MTs Al amien kelas VIIIc sabrang ambulu tahun ajaran 2022/2023.


Kata Kunci


Konseling kelompok; cognitive restructuting; Prokrastinasi akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aklima, Yuni, Agus Supriyanto, and Ustadi Antara. 2020. Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Muara Batu). Prosiding Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, no. 6: 91927. http://eprints.uad.ac.id/21378/.

Aprilli, Elsa. 2021. Kegiatan Pendukung Bimbingan Dan Konseling. Universitas Negeri Padang, no. 19035014.

Astuti, Laily Puji, and Rio Hermawan. 2021. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa 2 (01): 1021.

Hasanah, Iswatun. 2018. Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring (CR) Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Siswa SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. JKI (Jurnal Konseling Indonesia) 3 (2): 4247. https://doi.org/10.21067/jki.v3i2.2469.

Khoirunnisa, Riza Noviana, Miftakhul Jannah, Damajanti Kusuma Dewi, and Satiningsih Satiningsih. 2021. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 11 (3): 278. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292.

Muhid Abdul. 2022. Konaeling Kelompok Dengan Teknik Cognituive Restrukturing Menurunkan Prokrastinasi Akademik : Literature Review” 6 (1): 20–32.

Rozzaqyah, Fadhlina. 2021. “Hubungan Kejenuhan Belajar Dalam Jaringan Dengan Prokrastinasi Akademik.” Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling 8 (1): 817. https://doi.org/10.36706/jkk.v8i1.14373.

Saputra, Rikas, Edy Purwanto, and Awalya. 2017. Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Dan Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling 6 (1): 8489. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/17443/8796.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.626-634

Article Metrics

Sari view : 575 times
PDF - 403 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.