HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN

Winda Apriani Harahap, Erlina Harahap, Asmaryadi Asmaryadi

Sari


Penelitian ini didasarkan atas permasalahan Hubungan konformitas teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa. Adapun fokus penelitian ini melihat : Apakah ada hubungan konformitas teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Tempat penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 1 Angkola Selatan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif  korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Selatan yang berjumlah 39 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 berjumlah 13 siswa, kelas VIII-2 berjumlah 13 siswa dan kelas VIII-3 berjumlah 13 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik analisis data ini menggunakan SPSS versi 23 dengan uji kolmogorov smirnop. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket sebanyak 50 pernyataan variabel X dan 50 pernyataan variabel Y jadi jumlah keseluruhan 100 pertanyaan.

Hasil penelitian pemperlihatkan perbedaan nilai rata-rata variabel X dan Y. Hasil uji normalitas 0, 576 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,895 maka dapat disimpulkan berdistribusi normal. Uji linearitas nilai signifikasinya 0,975 lebih dari 0,05. Uji reliabilitas pengujian nilai Cronbach’s Alpha 0, 629 > 0,6. Uji regresi sederhana nilai determinasi atau R sebesar 0,021 hal tersebut menandakan bahwa ada pengaruh variabel bebas dan variabel terikat jadi pengaruh variabel X 13,5 sedangkan sisanya  (100% - 13,5 % = 86,5%).   Uji hipotesis 0,21 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis ada hubungan antara konformitas teman sebaya dengan kepercayaan diri diterima.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriel, Y., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XII Smk Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati, 8 (1), 271-276. Vol.01, No.02, November (2022) : Hal. 615

Ariana, Riska. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Konformitas Teman Sebaya SisAwa Kelas XI SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi. Vol. 9, No.1 : Hal. 15

Asmaryadi, (2017). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Hubungan Sebaya Mengenai Kedewasaan Di SMK MUHAMMADIYAH 13 Sibolga. Jurnal Bikotetik ( Bimbingan dan konseling: Teori dan Praktik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Vol. 01 Nomor 01 Tahun 2017 : Hal. 36

Asmaryadi, (2023), Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Makassar : Mitra Ilmu.

Cialdini, R. B & Goldstein, N. J. (2006). Social influence : Compliance and conformity. Annual Reviews Psychology. 55: 591- 621. doi: 10. 1146)/annurev. psych. 55. 090902.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : Puspa Setia.

Ghufron, & Risnawati, R. (2016). Teori-teori psikologi. Yogyakarta : Ar-ruzzMedia.

Hakim dan Aristiani. (2016). Percaya diri merupakan suatu keyakinan dalam jiwa manusia semua tantangan hidup harus dikuasai melakukan sesuatu.

Hakim, T. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta, Puspa Swara.

Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Kepercayaan Diri. Jakarta : Puspa Swara.

Hidayat, K., & Bashori, K. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

lfdil, I., Denich, A. U., & llyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2 (3), 107-113.

Kadi, A. P. U. (2016). Hubungan Kepercayaan diri dan Self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi (2013). Ejournal Psikologi : 4 (4), 457- 471.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016. Vol . 5, No. 1 ISSN : 2301- 6167. Jakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Lauster. (2003). Tes Kepribadian (terjemahan D. H. Gulo). Jakarta : Bumi Aksara.

Lie dan Rahayu. (2013). 101 Cara menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta Elek Media Kumpulan Do Gramedia.

Monks. (2004). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Alih babasa oleh Siti Rahayu Haditono. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Sugiyono . (2016 : 80) Pengertian populasi adalah area generalisasi terdiri dari objek / subjek dengan ciri dan karakteristik tertentu peneliti mendefinisikan dan kemudia menarik kesimpulan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : PT Alfabet.

Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutrisno. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Kencana Predana Media Goup.

Widarso, W. (2005). Sukses membangun rasa percaya diri. Jakarta : Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.157-163

Article Metrics

Sari view : 320 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.