PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA

Siti Aisyah, Meilla Dwi Nurmala, Alfiandy Warih Handoyo

Sari


Siswa yang bisa berkonsentrasi ketika sedang belajar, lebih cepat dalam menangkap materi pelajaran dan dapat menerapkan semua informasi yang diterimanya. Sedangkan siswa yang sulit untuk berkonsentrasi ketika sedang belajar, tentu akan mengalami hambatan dalam melaksanakan kegiatan belajar dan hasil yang didapatkan kurang optimal. Permasalahan yang terjadi di SMKN 1 Bayah adalah rendahnya konsentrasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mode 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media permainan ular tangga untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bayah. Hasil uji dari ketiga ahli nilai rata-rata produk permainan ular tangga sebesar 83.8% dengan kategori “sangat layak”. Uji coba produk terbatas dilakukan kepada 29 siswa yang berada pada kategori tingkat konsentrasi belajar rendah, dengan nilai perolehan 92% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya peneliti memperoleh data skor pre-test dan post-test dari hasil uji coba terbatas dengan perolehan nilai N-Gain score 0.7846 dan N-Gain persen sebesar 78.4570. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi belajar siswa tergolong tinggi (g>0.7) dan efektif (N-Gain persen >76). Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan konsentrasi belajar sangat layak diimplementasikan pada siswa.


Kata Kunci


media permainan ular tangga, bimbingan kelompok, konsentrasi belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa IPS di SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran.

Aviana, R. d. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia di SMA N 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3, 30.

Bona, M. (2018). Gadget Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa. BeritaSatu.com. Retrieved Januari 25 Jam 12.26 WIB, 2023, from https://bit.ly/3WGBBjg

Dores, O. J. (2019). Analisis Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 20 SKPH Manis Raya. Jurnal Pimat, 1, 57-68.

Khopipah, N. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Mengenai Usia Ideal Perkawinan. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (n.d.). Retrieved Desember 17 Jam 12.18 Wib, 2022, from https://bit.ly/3kIoMYA

Lianasari, D. P. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Uno Stacko Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Jurnal Konseling Andi Matappa, 4, 127.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1-8.

Rahina, N. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di SD. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tambunan, P. M. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Pensil, 9, 175-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.588-595

Article Metrics

Sari view : 581 times
PDF - 281 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.