PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP DIPONEGORO WULUHAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ana Alfiatul Khusnia, Fakhruddin Mutakin, Arifin Nur Budiono

Sari


Penelitian ini memfokuskan kepada Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Diponegoro Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan desain satu kelompok pretes-postes (one grup pretest postest design). Teknik pengumpulan data adalah observasi,wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah menggunakan rumus uji t-test. Populasi penelitian terdiri dari 127 siswa kelas VIII SMP Diponegoro Wuluhan, dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian siswa SMP Diponegoro Wuluhan cenderung melakukan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan tugas karena siswa merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti proses belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, tidak percaya terhadap kemampuan yang dimiliki dikarenakan siswa tersebut masih belum matang dalam mengatur waktu dan di usia mereka masih cenderung labil atau lebih suka terpengaruh dengan teman teman sebayanya, dan kurang bisa mengatur waktu untuk mengerjakan tugas dengan kegiatan lainnya. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh konseling kelompok Teknik Self Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Diponegoro Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci


Konseling kelompok, self management dan prokrastinasi akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdilah, R. (2020). Layanan Konselling Belhavioral Delngan Telknik Sellf- Managelmelnt Untuk Melnurunkan Prilaku Prokrastinasi Akadelmik Pelselrta Didik Kellas XI IPS 1 Di SMA AL - Huda Jatiagung Lampung Sellatan Tahun Ajaran 2019-2020. (Doctoral Disselrtation, UIN Radeln Intan Lampung), 01(01), 32–58.

Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Pelnelrapan Konselling Cognitivel Belhaviour delngan Telknik Sellf Managelmelnt untuk Melngatasi Prokrastinasi Akadelmik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamelntal Relselarch Journal ||, 2(1), 11–24.

Annisa, F. H. (2015). Telrhadap Prokrastinasi Akadelmik Siswa Kellas Viii C Smp N 5 Slelman Tahun Ajaran 2014 / 2015 Telrhadap Prokrastinasi Akadelmik Siswa Kellas Viii C Smp N 5 Slelman Tahun Ajaran 2014 / 2015.

Ariyana Rustam, A. I. M. (2019). Layanan Bimbingan Kellompok Melnggunakan Telknik Konselling Sellf Managelmelnt Untuk Melrelduksi Pelrilaku Prokrastinasi Akadelmik. SULOH: Jurnal Bimbingan Konselling Univelrsitas Syiah Kuala, 4(1977), 7–14.

Fadillah, R. (2020). Pelngaruh Layanan Konselling Kellompok Delngan Telknik Sellf-Managelmelnt Untuk Melngurangi Pelrilaku Prokrastinasi Pelselrta Didik Kellas X Sma Nahdlatul Ulama Kota Telgal Tahun Pellajaran 2018/2019. Skripsi, 8(75), 147–154.

Fahmi, N. N. (2015). Melningkatkan Rasa Pelrcaya Diri Siswa Smk Nelgelri 1 Delpok Slelman Yogyakarta.

Larasati, W., Mahmudi, I., Kadafi, A., Kelguruan, F., Pelndidikan, I., Kunci, K., Kelywords, /, & Abstrak, : (2022). Pelnelrapan Konselling Belhavior Telknik Sellf Managelmelnt Untuk Melnurunkan Pelrilaku Prokrastinasi Akadelmik Pada Siswa Kellas 8 Di Smpn 1 Gelrih. Selminar Nasional Bimbingan Dan Konselling), 6(1).

Ni’am, N. (2018). Pelngaruh Layanan Konselling Kellompok Delngan Telknik Sellf Managelmelnt Untuk Melngurangi Pelrilaku Prokrastinasi Akadelmik Pelselrta Didik Kellas IX SMP NELGELRI 3 Bandar Lampung Tahun Pellajaran 2017/2018. Bitkom Relselarch, 63(2), 1–3.

Nurjannah, A. I. P. &. (2021). Pelnelrapan Konselling Melnggunakan Telknik Sellf Managelmelnt Untuk Melrelduksi Prokrastinasi Akadelmik. Bimbingan Dan Konselling Islam, 4(1), 63–72.

Rahmadani, D. (2019). Upaya Guru Bimbingan dan Konselling untuk Melrelduksi Prokrastinasi Akadelmik Siswa Kellas X Mellalui Telknik Sellf Managelmelnt di SMK Yayasan Pelndidikan Dellisha …. Al-Mursyid (Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konselling Islam), 2(1), 1–12.

Rozikan, R. P. M. (2015). Pelngaruh Lanyanan Konselling Kellompok Delngan Pelndelkatan Belhavioral Telrhadap Pelrilaku Prokrastinasi Akadelmik Siswa Kellas XI SMK PELRINTIS 29 Ungaran Tahun Ajaran 2014/2015. Telaching and Telachelr ELducation, 1(1), 1–17.

Safithry, EL. A., & Anita, N. (2019). Konselling Kellompok Delngan Telknik Sellf Managelmelnt Untuk Melnurunkan Prasangka Sosial Pelselrta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konselling, 4(2), 33–41.

Swara, H. Y., & Yulianti, P. D. (2020). Layanan Bimbingan Kellompok Delngan Telknik Sellf-Managelmelnt Telrhadap Prokrastinasi Akadelmik. Indonelsian Journal Of ELducational Relselarch and Relvielw, 3(1), 77.

Triani, S., Anas, M., & Umar, N. F. (2022). Pelnelrapan telknik sellf managelmelnt untuk melngurangi prokrastinasi akadelmik siswa di SMA Nelgelri 9 Makassar. Pinisi Journal of ELducation, 1, 1–15.

Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). ELfelktivitas Layanan Konselling Kellompok Mellalui Telknik Sellf Managelmelnt Untuk Melningkatkan Kelbiasaan Bellajar Siswa Kellas Viii Smpn 1 Kapontori. Psikologi Konselling, 12(1), 120–132.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.596-605

Article Metrics

Sari view : 267 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.