HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X IPS MA MA’ARIF ANNUR JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mamik Lika Masfufah, Arifin Nur Budiono, Titin Swastinah

Sari


Penelitian tentang hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X IPS MA Ma'arif Annur Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan responden yang diteliti sebanyak 25 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik yang digunakan adalah strategi polling. Efek samping dari penyelidikan informasi menggunakan persamaan item kedua untukmemutuskan hubungan antara dua faktor yaitu intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X IPS MA Ma'arif Annur Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dengan memanfaatkan bantuan aplikasi SPSS, diketahui bahwa nilai yang sangat besar adalah 0,00, sehingga ditarik kesimpulan dari hipotesis yaitu Ha : terdapat hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X IPS MA Ma'arif Annur Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 Ho : tidak terdapat hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X IPS MA Ma'arif Annur Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian dengan menggunakan aplikasi SPSS diketahui bernilai besar 0,00, maka nilai kritis 0,00 di bawah 0,05, sehingga cenderung dianggap bahwa Ha diakui dan Ho ditolak. Maka diperoleh jawaban bahwa terdapat hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X IPS MA Ma'arif Annur Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan ini membuktikan bahwa kedua faktor tersebut berada pada tingkatan cukup.

Kata Kunci


intensitas penggunaan media sosial; prokrastinasi akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bagas, M. A. D. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Kenakalan Siswa SMAN 3 Tualang. February, 6.

Ir. Syofian Siregar, M. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. K E N C A N A.

Ramadhani, E., Sadiyah, H., Darma Putri, R., & Andana Pohan, R. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.6448

Wardhana, I. P., S, L. A., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep Pendidikan Taman Siswa sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 232–242.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.568-574

Article Metrics

Sari view : 322 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.