IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI KESILIR TAHUN AJARAN 2022 - 2023

Riyan Nasruddin Mas’ud, Fakhruddin Mutakin, Yurike Kinanthy K.

Sari


Berdasarkan hasil penelitian awal di SMP PGRI Kesilir siswa-siswi menunjukkan kedisiplinan dalam belajar yang rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kedisplinan dalam belajar dapat menggunakan beberapa cara yang efektif, salah satunya dengan pemberian layanan bimbingan kelompok. Dalam penelitian ini, peneliti akan memberikan layanan bimbingan kelompok yang merupakan salah satu layanan dari bimbingan konseling. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil peningkatan implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisplinan belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI Kesilir. Peneliti memperoleh 10 sampel untuk dijadikan anggota bimbingan kelompok.Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan masingmasing siklus dilakukan 3x pertemuan. Hasil data awal peneliti membagikan angket kepada 16 siswa diperoleh 10 siswa berada di kategori rendah. menunjukkkan bahwa perolehan skor persentase dari 16 siswa sebelum diberi treatment adalah 28% dikategori “Baik”, kemudian setelah dilaksanakan siklus I skor persentase sebesar 40% dari 10 siswa dengan 4 siswa yang masuk kategori “Baik”. pada siklus II dari 10 siswa terdapat 8 siswa yang tingkat kedisiplinan belajar “Baik” sehingga diperoleh skor persentase sebesar 80%.

Kata Kunci


Bimbingan Kelompok; Kedisiplinan dalam Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sparrow, D.G. (2010). Motivasi Bekerja dan Berkarya. Jakarta: Citra Cemerlang.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi

Maher, B. A. (Ed.). (1964–1972). Progress in Experimental Personality Research (6 vols.). New York: Academic Press.

Luria, A. R. (1969). The mind of a mnemonist (L. Solotaroff, Trans.). New York: Avon Books. (Original work published 1965)

Setyaputri, N., Lasan, B., & Permatasari, D. (2016). Pengembangan Paket Pelatihan “Ground, Understand, Revise, Use (GURU)-Karier” untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karier Calon Konselor. Jurnal Kajian

Bimbingan dan Konseling, 1(4), 132-141. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/bk/artic le/view/6783

Shelly, D. R. (2010). Periodic, chaotic, and doubled earthquake recurrence intervals on the deep San Andreas fault. Science, 328(5984), 1385-1388

Wilkinson, R. (1999). Sociology as a marketing feast. In M. Collis, L. Munro, & S. Russell (Eds.), Sociology for the New Millennium. Paper presented at The Australian Sociological Association, Monash University, Melbourne, 7-10 December (pp. 281-289). Churchill:

Celts.

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.193-201

Article Metrics

Sari view : 657 times
PDF - 355 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.