STRATEGI KONSELING DALAM MENGUBAH PERILAKU ANAK NAKAL PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 100109 PANOBASAN LOMBANG

Putri Diani Siregar, Asmaryadi Asmaryadi, Sukatno Sukatno

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh wali kelas dalam mengubah perilaku nakal anak di SD Negeri 100109 Panobasan Lombang. Kenakalan siswa sering terjadi di dalam kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Tapi kenakalan siswa siswa tersebut belum tergolong parah karna masih kenakalan kenakalan biasa yang dilakukan. Fenomena di lapangan bahwa wali kelas sudah menjalankan tugasnya dalam mengubah perilaku nakal siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif sering disebut sebagai penelitian naturalistic karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah, disebut juga sebagai metode etnografi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Wali Kelas melakukan strategi dalam mengubah perilaku nakal anak di SD Negeri 100109 Panobasan Lombang dengan memberikan bimbingan dan konseling, arahan, nasehat dan memberikan pembelajaran yang menarik agar siswa tidak fokur bermain. Wali Kelas memiliki peran aktif dalam mengubah perilaku nakal anak di SD Negeri 100109 Panobasan Lombang dengan memberikan bimbingan serta konseling. Di SD Negeri 100109 Panobasan Lombang ada beberapa siswa nakal dan faktor penyebabnya adalah, lingkungan dan teman bermain

Kata Kunci


Strategi; Perilaku Nakal; Wali Kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor

Asmani, Jamal Ma’mur, 2012, Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah,Yogyakarta: Buku Biru

Ghony, M. Jumaidi dan Almanshur, Fauzan, 2017, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Ar Ruzz Media.

Hidayah, Rifa dan Muawanah elfi, 2009, bimbingan konseling islami, Jakarta : bumi aksara

Hurlock, Elizabeth B, 1993, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga

Ibnudin. “ Konsep Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa (Studi Kasus di MTs Al-Gozali Jatibarang Kabupaten Indramayu)”, Al-Afkar,Journal for Islamic Studies, Vol. 2, No. 2, ( Juli 2019), 125-140

Kunandar, 2014, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikat Guru, Jakarta : Rajawali Pers

Naskah Akademik ABKIN Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Nomor 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Rasio Guru

Prayitno. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal

Prayitno dan Erman Amti, 2009, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: RINEKA CIPTA

Tri Hariastuti, dan Retno, 2008, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Surabaya: Unesa University Press

Tohirin, 2013 ,Bimbingan Konseling di Sekolah atau Madrasah, Jakarta: PT Raja Grapindo

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Dasar dan Menengah. 2004. departemen Pendidikan Nasional

Willis, Sofyan S, 2014, Remaja dan Masalahnya, Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.305-312

Article Metrics

Sari view : 1032 times
PDF - 2111 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.