PERAN GURU BK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA BROKEN HOME DI SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN

Nurussakinah Daulay, Safrina Dita Maritza, Risyad Fikri Abdillah, Sesilia Amanda

Sari


Penelitian ini memfokuskan kepada Peran Guru BK dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Broken Home Di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yaitu memberikan deskripsi, penjelasan, juga validasi mengenai fenomena yang tengah diteliti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa peran yang dilakukan Guru BK untuk meningkatkan interaksi sosial siswa broken home yaitu dengan menyusun program bimbingan dan konseling, melaksanakan program sesuai kebutuhan dari permasalahan yang dihadapinya dengan layanan konseling individual, konseling kelompok dan bimbingan kelompok, mengevaluasi pelaksanaan program, analisis hasil dan tindak lanjut. Pelaksanaan kegiatan konseling mendapati faktor penghambat, maka dari itu sebagai Guru BK harus terus memantau perkembangan dan menyelesaikan permasalahan yang dialami siswa dalam interaksi sosialnya karena kegiatan konseling memiliki banyak manfaat dalam aspek sosial untuk siswa di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan.

Kata Kunci


Broken Home, Guru BK, Interaksi Sosial, Peranan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. (E. D. Lestari, Ed.) Sukabumi,Jawa Barat: CV Jejak.

Armen. (2015). BUKU AJAR ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR. Yogyakarta: Deepublish: CV BUDI UTAMA.

Haq, M. D., & Misnawi. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal BK Pendidikan Islam, 1 No. 2, 61.

Mulyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling di Sekolah & Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurfatirah, S., Kamal, M., Afrinaldi, & Putra, D. P. (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Interaksi Sosial Siswa di SMPN 1 Simpati Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 No. 5, 2382.

Qaimi, A. (2003). Single Parent Peran Ganda Ibu Dalam Mendidik Anak. Bogor: Cahaya.

Ramdhan, M. (2021). METODE PENELITIAN. (A. E. Effendy, Ed.) Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sofyan, S. W. (2008). Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Suharsiwi. (2022). PENGEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL. (Syofrianisda, Ed.) Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA.

Wiwin. (2015). Peranan Guru Dalam Mengatasi Siswa Broken Home Di SMA Negeri 1 Cigugur Kabupaten Kuningan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i3.358-364

Article Metrics

Sari view : 1771 times
PDF - 595 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.