EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PADANG SIDEMPUAN

Yoseph Ricardo Pranata, Sukatno Sukatno, Nor Mita Ika Saputri

Sari


Menyontek adalah perilaku atau perbuatan curang yang dilakukan untuk menghindari gagalnya hasil ujian atau nilai akademik dengan cara yang tidak jujur seperti; melihat hasil jawaban orang lain, menulis catatan kecil di atas meja, telapak tangan, atau sobekan kertas yang tersembunyi, melihat manual, catatan atau media elektronik. Kurangnya Manajemen Pengendalian Diri yang baik menyebabkan meningkatnya perilaku menyontek di kalangan siswa. Penelitian ini dilakukan dikarenakan perilaku menyontek yang sudah menjadi hal wajib bagi sebagian siswa demi mencapai nilai yang memuaskan. Oleh karena itu peneliti berharap setelah diadakan nya penelitian ini yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan menjadi hal positif sehingga mereka dapat menghilangkan perilaku menyontek tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan makan peneliti telah memperoleh data sebagai berikut, berdasarkan pengurangan jumlah dari hasil kelompok eksperimen sebelum mendapat perlakuan (Pretest) adalah 1117 dengan nilai rata-rata 111,7. Jumlah kelompok eksperimen sesudah medapatkan perlakuan (posttest) adalah 945 dengan nilai rata-rata 94,5. Dengan hasil pretest 111,7 dah hasil posttest 94,5 maka kelompok eksperimen mengalami penurunan sebesar 16,2. Maka dari hasil penghitungan terjadi penurunan terhadap perilaku menyontek melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Management pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang Sidempuan.

Kata Kunci


Bimbingan Kelompok; Teknik Self Management; Perilaku Menyontek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, Khairul, D. 2021. PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENURUNAN KENAKALAN REMAJA DI SMK NEGERI 1 SIPIROK guru bimbingan dan konseling . Beberapa bimbingan dan dirasa lembaga lanjutan Sekolah Menengah Pertama Madrasah Tsanawiyah merupakan pertama setelah menyele. 6(2), 259–267. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/4444/pdf

Annisa. 2017. Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VII Di Smp Negeri 19 Bandar Lampung, (Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Aryani, Farida. 2013. Studi Tentang Faktor-faktor Penyebab Perilaku Plagiat Mahasiswa UNM. Jurnal Forum Ilmiah dan Semianar Internasional.

Asmaryadi. 2020. EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOKMENGATASI KENAKALAN SISWA DI MAN 1 MANDAILING NATAL1,5(1),57–61.http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/1411

Binti Khusnul Khotimah. 2017. Pengaruh Konseling Individu Dengan Teknik Self management Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII Di Smp Wiyatama Bandar Lampung. Lampung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Chosiyah, dkk. 2001. Layanan Bimbingan Kelompok. Solo. FKIP BK UNS. Percetakan 35.

Dela, Vitria Larseman, dkk. (2023). BIMBINGAN KONSELING TRAUMATIK DAN TEKNIK DESENSITISASI TERHADAP KORBAN COVID-19 DI KOTA PADANGSIDIMPUAN 1Vitria. 8(1), 25–31.

Ervi, Yeti Neni Arni. 2004. Upaya Mengurangi Kebiasaan Buruk Dalam Membolos dan Menyontek Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Gantina Komalasari. 2014. Teori dan Teknik Konseling . Jakarta. PT Indeks.

Hamdani, R.U. 2014. Perilaku Monyontek. Jakarta: Transmedia

Hartanto, Dody. 2012. Bimbingan dan Konseling Menyontek Mengungkapkan Akar Masalah dan Solusinya. Yogyakarta. PT. Indeks

Liputan6.com. 2012. Sejumlah Siswa Tertangkap Menyontek. Diakses pada tanggal 10 Maret 2018 dari :http://www.liputan6.com/news/read/389459/sejumlah siswa-tertangkap-mencontek

Nita Sopiana dan Ahmad Muzanni. 2019. Pengaruh self management terhadao perilaku menyontek pada siswa kelas XI SMAN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat. Mataram.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta. Ghalia Indonesia Sri Narti, Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingaan Konseling, Yogyakarta. CV Budi Utama. 2019

Prayitno. 2000. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Rineka Cipta.

Prayitno. 2016. Konseling Propesional Layanan Dan Kegiatan Pendukung Yang Berhasil. Padang.

Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil. Bogor. Penerbit Ghalia Indonesia.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang : UNP

Saputri, Nor Mita Ika, dkk. 2022. PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(2), 216–226.

Sukatno. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. 5(2). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/2083/pdf

Singgih D. Gunarsa. 2011. Konseling Dan Psikoterapi. Jakarta. Libri.

Susanto Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah (konsep, teori, dan aplikasinya). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

The Liang Gie. 2000. Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. hal 78 – 80

Winkel, W.S. 2005. Bimbingan dan Konseling di Intitusi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.244-253

Article Metrics

Sari view : 809 times
PDF - 624 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.