PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PADANG SIDEMPUAN TENTANG PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL

Ridho Lubis, Sukatno Sukatno, Nor Mita Ika Saputri

Sari


Pelecehan seksual terhadap anak muda adalah masalah serius. Ada yang berbeda di Indonesia dalam beberapa bulan terakhi. Pelecehan seksual terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Berdasarkan informasi yang diberikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), sejak Januari 2022 hingga saat ini, terdapat 18.054 kasus pelecehan seksual di Indonesia. Di antaranya 2.912 korban laki-laki dan 16.564 korban perempuan. banyak dampak yang terjadi akibat dari pelecehan seksual, diantara nya adalah dampak psikologis, dampak perilaku, dan dampak fisik terhadap korban. Dampak psikologis yang terjadi adalah berkurangnya harga diri, berkurangnya kepercayaan diri, depresi, kecemasan, ketakutan terhadap pemerkosaan, meningkatkan ketakutan terhadap tindakan-tindakan kejahatan lainnya, serta rasa ketidakpercayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan informasi dengan metode animasi berpengaruh untuk pencegahan pelecehan seksual di SMA Negeri 4 Padang Sidempuan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen. Sampel dalam penelitian ini 30 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Hasil penelitian pada kelompok ekspriemen terdapat perbedaan yg signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil posttest kelompok kontrol yaitu 124,2 sedangkan posttest kelompok eksperimen yaitu 146,2. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan umum penelitian ini adalah layanan informasi dengan metode animasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang Sidempuan tentang pencegahan pelecehan seksual.

Kata Kunci


Layanan Informasi; Metode Video Animasi; Pencegahan Pelecehan Seksual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, Syaifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firmansyah, A & Kurniawan M. P. 2013. Pembuatan Film Animasi 2d Menggunakan Metode Frame by Frame Berjudul “Kancil dan Siput.”

Prayitno. 2017. Konseling Professional yang Berhasil. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Prayitno dan Amti Erman. 2004. Dasar-dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputri, Nor Mita Ika, dkk. 2021. PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(2), 2013–2015.

Saputri, Nor Mita Ika, dkk. 2023. UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI KELAS XI SMK N 1 KOTANOPAN. 8(1), 140–154.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukatno, M., & Konseling, U. 2004. Pelaksanaan Layanan Informasi Untuk Mengurangi Kebiasaan Siswa Yang Merokok Di Smk Negeri 1 Padangsidimpuan. Jurnal.Um-Tapsel.Ac.Id, 64–71. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/15

S, Rosyida, S. 2017. Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah.

Waluyo, Bambang. 2004. Pidana dan Pemidanaan. Jakarta: Sinar Grafika.

Winkel. 1987. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.235-243

Article Metrics

Sari view : 428 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.