HUBUNGAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DENGAN KECERDASAAN EMOSIANAL SISWA KELAS X DI SMA NURUL ILMI PADANGSIDIMPUAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasaan emosional siswa di kelas X SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan adakah pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun sampel yang digunakan peneliti yaitu simple random sampling. dengan mengunakan rumus Slovin : dengan jumlah siswa 137 siswa.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti ialah adanya nilai signifikansi pembiasan shalat Dhuha (X) terhadap kecerdasan emosional siswa (Y) adalah 0,000 <0,05 dan nilai thitung 7,357 dan nilai t table 1.977 maka Ho 1 ditolak dan Ha 1 diterima. Artinya terdapat pengaruh pembiasan shalat Dhuha terhadap kecerdasan emosional siswa. Nilai signifikansi untuk pembiasaan shalat Dhuha (X) terhadap kecerdasan emosional (Y) adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan fhitung 54,909 > dari nilai ftabel 3,26. ha tersebut membuktikan bahwa Ho 2 ditolak dan Ha 2 diterima. Artinya terdapat pengaruh pembiasaan shalat Dhuha terhadap kecerdasan emosional siswa SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan secara signifikan.
Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada para siswa SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan dalam pelaksanakan shalat dhuha terdapat pengaruh yang positif terhadap kecerdasan emosional siswa.Pembiasaan shalat dhuha dapat mengendalikan emosional siswa membuat para siswa lebih peduli dan sabar. Serta peka terhadap kebutuhan dan penderitaan orang lain sehingga memiliki karakter (watak) terpuji dan membangun hubungan antar pribadi yang lebih harmonis dan shalat dhuha juga mampu menenangkan hati, mengontrol emosi dan memiliki kerendahan hati.
Kata Kunci :Pembiasaan Sholat Dhuha, Kecerdasan Emosional
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Hanan, Rahasia Shalat Sunnat; Bimbingan Lengkap dan Paktis, Bandung: Pustaka Hidayah, 2009
Abdurrahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat Jakarta: Gema Insani, 2004
Ahmad Nawawi Sadili, Panduan Praktis dan Lengkap Shalat Fardhu dan Sunnah Jakarta: AMZAH, 2010
Alex Sobur, Psikologi Umum Dalam Ilntas Sejarah, Cet. I (Bandung: Pustaka Setia, 2003
Al Khuli, Hilmi, Menyikapi Rahasia Gerakan-Gerakan Sholat, Jogjakarta: Diva Press, 2007
Al Mahfani M. Khalalurahman, Berkah Shalat Dhuha, Jakarta: Wahyu Media, 2008)
An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah , Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani, 2004
Arikonto, Suharsimi, Procedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek Cet-15, Jakarta: Renika Cipta, 2013
Aunurrahman, Belajar Dan Pembelajaran, Medan: ALFABETA, 2015
Budiman Mustofa, Tuntunan praktis Shalat, Solo: Ziyad Visi Misi Media: 2011
Desi, E. P. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Ingatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi IPS di Sma Negeri 1 Singingi.” Doctoral dissertation, Riau: Universitas Islam Riau, 2019
Goelman, Daniel Emotional intelegence terj. T Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999
Hayati, Siti Nor. "Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015." Spiritualita, 2017
Muhammad Muslim Aziz, Mutiara,itu Bernama Shalat Sunah, Surabaya: PT Mizan Publika, 2008)
Muhammad Syadid, Manhaj Tarbiyah Metode Pembinaan dalam Al-Qur’an Jakarta: Robbani Press, 2003
Muhammad Makhdhori, Menyikap Mu’jizat Shalat Dhuha. Jogjakarta: Diva Press, 2007
M. Khalalurrahman Al Mahfani, Berkah Shalat Dhuha. Wahyu Media, 2008
Raito, R., & LATIFAH, M.. Pengaruh shalat Dhuha terhadap pembentukan karakter religius siswa di madrasah aliyah nurul islam pasirwangi garut. Jurnal MASAGI, 1(1) 2016, 238-244
Rizki Fauzan, Fikih Sunnah Imam Syafi. Surabaya: Fathan Media Prima, 2013
Sa’id bin ‘Ali bin Wahf al-Qahthani, Tuntunan Lengkap Shalat Dhuha. Jakarta: Pustaka Ibnu’Umar, 2006
Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aflikasi Dalam Ilmu Sosial Keagamaan dan Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka, 2011)
Sobur, Alex. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah, Cet-1 (Bandung: Pustaka Setia, 2003
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cet XX (Bandung: Alfabeta, 2014
Syadid, Muhammad, Manhaj Tarbiyah Metode Pembinaan dalam Al-Qur’an. Jakarta: Robbani Press, 2003
Uno Hamzah B dan Masri Kudrat Umar, Mengelola Keceredasan Dalam Pembelajaran (Sebuah Kosep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan) Ed. I Cet.I, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Zakiah Daradjat, Shalat Menjadi Hidup Bermakna. Badung: CV. RUHUMA, 1998
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.287-292
Article Metrics
Sari view : 1656 timesPDF - 507 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.