HUBUNGAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DENGAN KECERDASAAN EMOSIANAL SISWA KELAS X DI SMA NURUL ILMI PADANGSIDIMPUAN

Ahmad Husein Lubis, Harun Arrasyd, Nor Mita Ika Saputri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasaan emosional siswa di kelas X SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan  adakah pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional. Adapun  teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun sampel yang digunakan peneliti yaitu simple random sampling. dengan mengunakan rumus Slovin :   dengan jumlah siswa 137 siswa.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti ialah adanya nilai signifikansi pembiasan shalat Dhuha (X) terhadap kecerdasan emosional siswa (Y) adalah 0,000 <0,05 dan nilai  thitung 7,357 dan nilai t table 1.977 maka Ho 1 ditolak dan Ha 1 diterima. Artinya terdapat pengaruh pembiasan shalat Dhuha terhadap kecerdasan emosional siswa. Nilai signifikansi untuk pembiasaan shalat Dhuha (X) terhadap kecerdasan emosional (Y) adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan fhitung  54,909 > dari nilai ftabel 3,26. ha tersebut membuktikan bahwa  Ho 2 ditolak dan Ha 2 diterima. Artinya terdapat pengaruh pembiasaan shalat Dhuha terhadap kecerdasan emosional siswa SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan secara signifikan.

Berdasarakan hasil penelitian  yang dilakukan oleh peneliti kepada para siswa SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan dalam pelaksanakan shalat dhuha terdapat pengaruh yang positif terhadap kecerdasan emosional siswa.Pembiasaan shalat dhuha dapat mengendalikan  emosional siswa membuat para siswa lebih peduli dan sabar. Serta peka terhadap kebutuhan dan penderitaan orang lain sehingga memiliki karakter (watak) terpuji dan membangun hubungan antar pribadi yang lebih harmonis dan shalat dhuha juga  mampu menenangkan hati, mengontrol emosi dan memiliki kerendahan hati.

 

Kata Kunci :Pembiasaan Sholat Dhuha, Kecerdasan Emosional

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Hanan, Rahasia Shalat Sunnat; Bimbingan Lengkap dan Paktis, Bandung: Pustaka Hidayah, 2009

Abdurrahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat Jakarta: Gema Insani, 2004

Ahmad Nawawi Sadili, Panduan Praktis dan Lengkap Shalat Fardhu dan Sunnah Jakarta: AMZAH, 2010

Alex Sobur, Psikologi Umum Dalam Ilntas Sejarah, Cet. I (Bandung: Pustaka Setia, 2003

Al Khuli, Hilmi, Menyikapi Rahasia Gerakan-Gerakan Sholat, Jogjakarta: Diva Press, 2007

Al Mahfani M. Khalalurahman, Berkah Shalat Dhuha, Jakarta: Wahyu Media, 2008)

An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah , Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani, 2004

Arikonto, Suharsimi, Procedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek Cet-15, Jakarta: Renika Cipta, 2013

Aunurrahman, Belajar Dan Pembelajaran, Medan: ALFABETA, 2015

Budiman Mustofa, Tuntunan praktis Shalat, Solo: Ziyad Visi Misi Media: 2011

Desi, E. P. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Ingatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi IPS di Sma Negeri 1 Singingi.” Doctoral dissertation, Riau: Universitas Islam Riau, 2019

Goelman, Daniel Emotional intelegence terj. T Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999

Hayati, Siti Nor. "Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015." Spiritualita, 2017

Muhammad Muslim Aziz, Mutiara,itu Bernama Shalat Sunah, Surabaya: PT Mizan Publika, 2008)

Muhammad Syadid, Manhaj Tarbiyah Metode Pembinaan dalam Al-Qur’an Jakarta: Robbani Press, 2003

Muhammad Makhdhori, Menyikap Mu’jizat Shalat Dhuha. Jogjakarta: Diva Press, 2007

M. Khalalurrahman Al Mahfani, Berkah Shalat Dhuha. Wahyu Media, 2008

Raito, R., & LATIFAH, M.. Pengaruh shalat Dhuha terhadap pembentukan karakter religius siswa di madrasah aliyah nurul islam pasirwangi garut. Jurnal MASAGI, 1(1) 2016, 238-244

Rizki Fauzan, Fikih Sunnah Imam Syafi. Surabaya: Fathan Media Prima, 2013

Sa’id bin ‘Ali bin Wahf al-Qahthani, Tuntunan Lengkap Shalat Dhuha. Jakarta: Pustaka Ibnu’Umar, 2006

Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aflikasi Dalam Ilmu Sosial Keagamaan dan Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka, 2011)

Sobur, Alex. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah, Cet-1 (Bandung: Pustaka Setia, 2003

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cet XX (Bandung: Alfabeta, 2014

Syadid, Muhammad, Manhaj Tarbiyah Metode Pembinaan dalam Al-Qur’an. Jakarta: Robbani Press, 2003

Uno Hamzah B dan Masri Kudrat Umar, Mengelola Keceredasan Dalam Pembelajaran (Sebuah Kosep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan) Ed. I Cet.I, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Zakiah Daradjat, Shalat Menjadi Hidup Bermakna. Badung: CV. RUHUMA, 1998




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.287-292

Article Metrics

Sari view : 1656 times
PDF - 507 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.