TAHAPAN DAN TEKNIK KONSELING PSIKOANALISIS DALAM LINGKUP PENDIDIKAN: STUDI LITERATUR
Sari
Seiring berjalannya waktu, masalah yang dihadapi oleh setiap individu terutama peserta didik/konseli semakin kompleks. Masalah tersebut akan menimbulkan rasa cemas dan takut yang berlebihan sehingga mengganggu keseimbangan kepribadian manusianya seperti id, ego, dan superego. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja konseling Psikonalisis bagi konselor untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik/konseli. Metode penulisan artikel ini adalah studi literatur. Pengumpulan data dengan menelusuri, menelaah, dan memahami sumber-sumber penulisan jurnal yang telah dibuat sebelumnya dari 10 tahun terakhir. Hasil akhir dari penulisan ini menunjukkan cara kerja dari konseling Psikoanalisis meliputi 4 tahapan yaitu tahap asessmen, perkembangan transferensi, bekerja melalui transferensi, dan resolusi transferensi. Serta 6 teknik meliputi: talking cure, asosiasi bebas, analisis mimpi, analisis resistensi, analisis transferensi, dan interpretasi. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa tahapan dan teknik konseling Psikoanalisis dapat membantu dalam menyelesaikan masalah konseli.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abivian, M. (1963). Teori Psikoanalisis Sigmund Freud (Vol. 2014, Issue 860). https://repositories.lib.utexas.edu/handle/2152/39127%0Ahttps://cris.brighton.ac.uk/ws/portalfiles/portal/4755978/Julius+Ojebode%27s+Thesis.pdf%0Ausir.salford.ac.uk/29369/1/Angela_Darvill_thesis_esubmission.pdf%0Ahttps://dspace.lboro.ac.uk/dspace-jspui/ha
Aldi, M., & Haryadi, R. (2021). Refleksi dari karakter “naruto” menurut pandangan teori psikoanalisa. Proceeding Studium Generale 2021, 1–5.
Ardiansyah, Sarinah, Susilawati, & Juanda. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, 7(1), 25–31. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/912/885
Arni, & Halimah, N. (2020). Fenomena Kesurupan:Studi Analisis Kritis Dalam Kajian Teologi dan Psikologi Islam. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2), 105–122. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/10655%0Ahttp://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/download/10655/5945
Faishol, L., & Islamy, F. A. (2022). Coution : Journal of Counseling and Education Pengaruh Terapi Psikoanalis Terhadap Seseorang Yang Mengalami Post Traumatic Stress Disorder ( PTSD ). Journal of Counseling and Education, 3, 58–64.
Habsy, B. A. (2022). PANORAMA TEORI-TEORI KONSELING MODERN DAN POST MODERN (Refleksi Keindahan Dalam Konseling) (Cetakan 2). Media Nusa Creative.
Hanifa, N. S., Syahira, N., Ali, N., & Nurhasanah. (2017). LANGKAH-LANGKAH DAN TEKNIK-TEKNIK KONSELING MAKALAH.
Helaluddin, & Syawal, S. (2018). Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan. Academia.Edu, March, 1–16.
Hukmi, R. (2020). PSIKOANALISA SIGMUND FREUD (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Mahliatussikah, H. (2016). Analisis Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Quran Melalui Pendekatan Interdisipliner Psikologi Sastra. Arabi : Journal of Arabic Studies, 1(2), 75. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.13
Mubasyaroh, M. (2019). Pendekatan Konseling Realitas dan Terapi Agama Bagi Penderita Psikoproblem. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 81–96. https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.1687
Nugroho, A. F. (2018). TEORI-TEORI BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN (Teori Psikoanalisis, Teori Berpusat Pada Klien dan Teori Behavioristik). Jurnal Tawadhu, 2(1), 428–446. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148
Prabowo, A. B. (2021). MODUL KETERAMPILAN DASAR KONSELING (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Putu, I. G. A., Budisetyani, W., Vembriati, N., Made, N., Wilani, A., Hizkia, D., Dewi, T., Astiti, P., Wulanyani, S., Made, I., Putu, R., Widiasavitri, N., Rahayu, K., Adijanti, I., Luh, M., Pande, K., Susilawati, A., Kartika, Y., Luh, H., … Kedokteran, F. (2016). Bahan Ajar PSIKOLOGI KONSELING.
Syamsiah, S. (2020). Teknik Asosiasi Bebas sebagai Upaya Menghilangkan gangguan trauma terhadap kekerasan Bagi Siswa. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 137–142.
Trinurmi, S. (2021). Teknik Terapi Kelompok (Group Theraphy). Al Irsyad Al-Nafs, 8(1), 22–34. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/22050
Wahidah, E. Y. (2017). Resistensi dalam Psikoterapi Terhadap Trauma KDRT Pada Anak (Perspektif Psikoanalisa). 3(2), 159–177.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.179-189
Article Metrics
Sari view : 46171 timesPDF - 41932 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.