TAHAPAN DAN TEKNIK KONSELING PSIKOANALISIS DALAM LINGKUP PENDIDIKAN: STUDI LITERATUR

Bakhrudin All Habsy, Dyas Noviarale Fitriani, Dyah Nopitasari, Nik Matul Rodiyah, Farah Nikmatus Sania

Sari


Seiring berjalannya waktu, masalah yang dihadapi oleh setiap individu terutama peserta didik/konseli semakin kompleks. Masalah tersebut akan menimbulkan rasa cemas dan takut yang berlebihan sehingga mengganggu keseimbangan kepribadian manusianya seperti id, ego, dan superego. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja konseling Psikonalisis bagi konselor untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik/konseli. Metode penulisan artikel ini adalah studi literatur. Pengumpulan data dengan menelusuri, menelaah, dan memahami sumber-sumber penulisan jurnal yang telah dibuat sebelumnya dari 10 tahun terakhir. Hasil akhir dari penulisan ini menunjukkan cara kerja dari  konseling Psikoanalisis meliputi 4 tahapan yaitu tahap asessmen, perkembangan transferensi, bekerja melalui transferensi, dan resolusi transferensi. Serta 6 teknik meliputi: talking cure, asosiasi bebas, analisis mimpi, analisis resistensi, analisis transferensi, dan interpretasi. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa tahapan dan teknik konseling Psikoanalisis dapat membantu dalam menyelesaikan masalah konseli.

 


Kata Kunci


Tahapan; Teknik-teknik; Konseling Psikoanalisis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abivian, M. (1963). Teori Psikoanalisis Sigmund Freud (Vol. 2014, Issue 860). https://repositories.lib.utexas.edu/handle/2152/39127%0Ahttps://cris.brighton.ac.uk/ws/portalfiles/portal/4755978/Julius+Ojebode%27s+Thesis.pdf%0Ausir.salford.ac.uk/29369/1/Angela_Darvill_thesis_esubmission.pdf%0Ahttps://dspace.lboro.ac.uk/dspace-jspui/ha

Aldi, M., & Haryadi, R. (2021). Refleksi dari karakter “naruto” menurut pandangan teori psikoanalisa. Proceeding Studium Generale 2021, 1–5.

Ardiansyah, Sarinah, Susilawati, & Juanda. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, 7(1), 25–31. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/912/885

Arni, & Halimah, N. (2020). Fenomena Kesurupan:Studi Analisis Kritis Dalam Kajian Teologi dan Psikologi Islam. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2), 105–122. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/10655%0Ahttp://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/download/10655/5945

Faishol, L., & Islamy, F. A. (2022). Coution : Journal of Counseling and Education Pengaruh Terapi Psikoanalis Terhadap Seseorang Yang Mengalami Post Traumatic Stress Disorder ( PTSD ). Journal of Counseling and Education, 3, 58–64.

Habsy, B. A. (2022). PANORAMA TEORI-TEORI KONSELING MODERN DAN POST MODERN (Refleksi Keindahan Dalam Konseling) (Cetakan 2). Media Nusa Creative.

Hanifa, N. S., Syahira, N., Ali, N., & Nurhasanah. (2017). LANGKAH-LANGKAH DAN TEKNIK-TEKNIK KONSELING MAKALAH.

Helaluddin, & Syawal, S. (2018). Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan. Academia.Edu, March, 1–16.

Hukmi, R. (2020). PSIKOANALISA SIGMUND FREUD (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Mahliatussikah, H. (2016). Analisis Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Quran Melalui Pendekatan Interdisipliner Psikologi Sastra. Arabi : Journal of Arabic Studies, 1(2), 75. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.13

Mubasyaroh, M. (2019). Pendekatan Konseling Realitas dan Terapi Agama Bagi Penderita Psikoproblem. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 81–96. https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.1687

Nugroho, A. F. (2018). TEORI-TEORI BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN (Teori Psikoanalisis, Teori Berpusat Pada Klien dan Teori Behavioristik). Jurnal Tawadhu, 2(1), 428–446. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148

Prabowo, A. B. (2021). MODUL KETERAMPILAN DASAR KONSELING (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Putu, I. G. A., Budisetyani, W., Vembriati, N., Made, N., Wilani, A., Hizkia, D., Dewi, T., Astiti, P., Wulanyani, S., Made, I., Putu, R., Widiasavitri, N., Rahayu, K., Adijanti, I., Luh, M., Pande, K., Susilawati, A., Kartika, Y., Luh, H., … Kedokteran, F. (2016). Bahan Ajar PSIKOLOGI KONSELING.

Syamsiah, S. (2020). Teknik Asosiasi Bebas sebagai Upaya Menghilangkan gangguan trauma terhadap kekerasan Bagi Siswa. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 137–142.

Trinurmi, S. (2021). Teknik Terapi Kelompok (Group Theraphy). Al Irsyad Al-Nafs, 8(1), 22–34. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/22050

Wahidah, E. Y. (2017). Resistensi dalam Psikoterapi Terhadap Trauma KDRT Pada Anak (Perspektif Psikoanalisa). 3(2), 159–177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.179-189

Article Metrics

Sari view : 22823 times
PDF - 19648 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.