UPAYA MENURUNKAN BURNOUT BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK REFRAMING PADA SISWA KELAS VII MTS BUSTANUL ULUM PANTI JEMBER 2020 – 2021

Siti Kholifah, Yurike Kinanthy Karamoy, Arifin Nur Budiono

Sari


Penelitian tentang Upaya menurunkan Burnout Belajar melalui Konseling Kelompok Teknik Reframing pada siswa kelas VII Mts. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Untuk analisis datanya menggunakan analisis deskritptif persentase dan data kualitatif untuk mengetahui penuruanan burnout  yang dialami siswa kelas VII Mts Bustanul Ulum Panti Jember. Hasil penelitian menunjukkan pemberian layanan konseling kelompok teknik reframing pada siswa mampu menurunkan burnout belajar yang dialami siswa kelas VII Mts. Bustanul Ulum Panti Jember Tahun pelajaran 2020/2021. Dalam skripsi ini juga memberikan saran demi kesempurnaan penelitian selanjutnya dan penutup merupakan akhir dari laporan penelitian skirpsi ini

Kata Kunci


Burnout Belajar, Konseling Kelompok, Teknik Reframing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka cipta.

Bahrer-Kohler, S. 2012.Burnout For Expert : Prevention in the context ofliving and working. London : Springer Science & Business Media.

Nursalim, Muhammad. 2014. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta barat:Akademia

Armelita, Bunga wiguna. 2019. Proses Bimbingan melalui Teknik Reframing untuk meningkatkan konsep diri positif remaja di Panti Asuhan Pamardi Yoga. Surakarta.

Permata, Sari. Dkk. 2020. Journal of guidance inspiration (JGCI). Volume 01 Nomor 01




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.190-197

Article Metrics

Sari view : 959 times
PDF - 945 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.