Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan Klasikal

Geandra Ferdiansa, Yeni Karneli, Mudjiran Mudjiran

Sari


Students' perceptions of the implementation of classical services in the classroom can be positive or negative, depending on how BK teacher techniques in providing BK services in class. The purpose of this study was to determine how students' perceptions of the implementation of classical guidance services in class and the scope of this study was in SMP 25 Kota Padang in class IX. The method used in this research is descriptive qualitative. Summary of the results of this study are that BK teachers do not need Needs Assessment, material does not meet the needs and the method used by BK teachers is not good. The conclusion of this study is that BK teachers do not carry out Need Assessment to determine material that is in line with the needs of the students and the methods of giving that are not appropriate.

Kata Kunci


Perception, Classical Services, Counseling Guidance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriati, n. (2015). Pengembangan model bimbingan klasikal dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri. Jurnal bimbingan konseling, 4(1).

Azizah, d. M. (2013). Mengurangi perilaku agresif melalui layanan klasikal menggunakan teknik sosiodrama pada siswa kelas v di sd negeri pegirikan 03 kabupaten tegal. Universitas negeri semarang.

Batuadji, k., atamimi, n., & sanmustari, r. B. (2009). Hubungan antara efektivitas fungsi bimbingan dan konseling dengan persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama stella duce i yogyakarta. Jurnal psikologi, 36(1), 18–34.

Hadi cahyono, a. (2013). Hubungan antara persepsi dan sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling dengan minat siswa untuk memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Jurnal bk unesa, 1(1).

Hadiwijaya, h. (2011). Persepsi siswa terhadap pelayanan jasa pendidikan pada lembaga pendidikan el rahma palembang.

Kartika, i. D. (2018). Miskonsepsi masyarakat sekolah tentang guru bimbingan konseling di smp swasta tamora 2 tanjung morawa. Universitas islam negeri sumatea utara medan.

Lailatul makrifah, f. (2014). Pengembangan paket peminatan dalam layanan bimbingan klasikal untuk siswa di smp. Jurnal bk unesa, 4(3).

Lestari, i. A., amir, h., & rohiat, s. (2017). Hubungan persepsi siswa kelas x mipa di sma negeri sekota bengkulu tahun ajaran 2016/2017 tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kimia. Alotrop, 1(2).

Lubis, l. (2012). Landasan bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Journal analytica islamica, 1(1), 57–82.

Rahma, w. (2017). Pengaruh penggunaan metode kooperatif window shopping terhadap partisipasi bimbingan konseling klasikal. Jurnal penelitian pendidikan indonesia, 2(2).

Rizka mardiana, a. (2013). Studi tentang persepsi siswa pada layanan bimbingan dan konseling di smk se-kecamatan sukomanunggal surabaya. Jurnal bk unesa, 3(1).

Rosidah, a. (2017). Layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri siswa underachiver. Jurnal fokus konseling, 3(2), 154–162.

Yamin, r. (2013). Persepsi nilai, persepsi kualitas, dan citra terhadap kepuasan konsumen pada pt. Astra international daihatsu di manado. Jurnal emba: jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 1(3).

Zamroni, e., & rahardjo, s. (2015). Manajemen bimbingan dan konseling berbasis permendikbud nomor 111 tahun 2014. Jurnal konseling gusjigang, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2020.v5i1.20-23

Article Metrics

Sari view : 2569 times
PDF - 1547 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.