PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU GAMBAR TERHADAP PERILAKU POSITIF ANAK USIA 5 TAHUN

Dewi Yunisari, Taat Kurnita, Maulida Shanti Yusuf, Dina Amalia, Khoiriyah Khoiriyah

Abstract


Pendidikan anak usia dini didefinisikan sebagai pendidikan yang dimulai dari saat lahir sampai usia delapan tahun. Masa ini merupakan awal perkembangan fisik, kognitif, bahasa, keterampilan sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu, perilaku positif harus dikembangkan sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media buku bergambar terhadap perilaku positif anak usia 5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode hermeneutik Metode wawancara dan observasi dilakukan pada dua orang guru TK di Banda Aceh. Temuan penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media buku bergambar dapat merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi anak. Penelitian ini juga menemukan keefektifan media buku bergambar untuk pengembangan perilaku positif anak yaitu kemandirian, kedisiplinan, kreativitas dan toleransi.


Keywords


Media buku bergambar; perilaku positif; Anak

Full Text:

PDF

References


Badudu dan Sutan Muhammad Zain. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka

Sinar Harapan.

Desstya, A., & Saputro, S. (2017). Pembelajaran Kimia Dengan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau Dari Kemampuan Memori Dan Gaya Belajar Siswa. Universitas Sebelas Maret, 1(3), 177-

Gerlach, V. S. dan Ely, DP (1980). Teaching & media a systematic approach.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter (Perspektif Islam).

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mary Clay. (2002). Accidental Carbon Monoxide Poisoning With Severe Cardiorespiratory

Compromise in 2 Children. American Journal of Critical Care. 2002;1 1: 128-31

Mulyani, N., & Chintia, D. (2017).Peningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif melalui Media Buku Bergambar Sederhana pada Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Jimbe Kabupaten Blitar. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah- Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Murniati, N. (2017). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Jaten 2 Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Rothlein, L & Meinbach,A.M. (1991). The Literatur Connection. USA: Scott Foresmen

Santoso, H. (2011). Membangun minat baca anak usia dini melalui penyediaan buku bergambar. Jurnal. Malang: Universitas Negri Malang.

Slavin, R. E. (1994). School and classroom organization in beginning reading: Class size, aides, and instructional grouping. Preventing early school failure: Research on effective strategies. Boston: Allyn & Bacon.

Stewing, J.W. (1980). Children and Literature. Chicago : Mc.Nally College Publishing

Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v2i2.19393

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.